Tiga Calon Petahana Masih Unggul di Pilkada 2020

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 01 Desember 2020
0 dilihat
Tiga Calon Petahana Masih Unggul di Pilkada 2020
Direktur Eksekutif Haluoleo Institut, Naslim Sarlito Alimin. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Elektabilitas petahana ini masih tinggi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Lembaga survei Haluoleo Institut merilis terhadap elektabilitas calon dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Muna, Wakatobi dan Konawe Selatan.

Survei dilakukan untuk pilkada pada 9 Desember 2020 terhadap 440 responden. Pengumpulan data menggunakan metode sampling dan wawancara tatap muka.

Adapun margin of error atau tingkat kesalahan dalam survei yang dilakukan oleh Haluoleo Institut sebesar 4,8 persen.

Direktur Eksekutif Haluoleo Institut, Naslim Sarlito Alimin mengatakan, dari Kabupaten yang disurvei, Calon Kepala Daerah petahana masih menduduki peringkat tertinggi nilai elektabilitasnya.

Baca juga: Didukung Masyarakat, Halim-Untung Siap Tumbangkan Petahana

“Elektabilitas petahana ini masih tinggi,” terangnya, Selasa (1/12/2020).

Paslon bupati dan wakil bupati Kabupaten Muna, pasangan Rusman Emba - Bachrun Labuta berada di posisi 62,7 persen, kemudian Kabupaten Wakatobi H. Arhawi - Hardin Laomo berada diposisi 51,9 persen dan yang terakhir Kabupaten Konawe Selatan Surunuddin Dangga - Rasyid berasa di posisi 61,1 persen.

Naslim mengatakan, jika survei yang dilakukan jajarannya selaras dengan hasil survei dan perolehan pilgub Sulawesi Tenggara yang lalu.

"Tentunya angka presentasinya tak akan sama, masih bisa berubah, karena pemungutan suaranya masih sekitar dua minggu lagi," jelas Naslim Sarlito Alimin. (B)

Reporter: Siswanto Aziz

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga