adplus-dvertising

10 Negara Terindah di Dunia 2022, Nomor 1 Bikin Bangga

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 22 Juli 2022
3088 dilihat
10 Negara Terindah di Dunia 2022, Nomor 1 Bikin Bangga
Nusa penida, Bali, merupakan satu dari beberapa tempat terindah yang ada di Indonesia. Foto: Repro Instagram @nusapenidabaliexpert

" Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah di dunia berdasarkan analisis yang dilakukan oleh situs Inggris, Money.co.uk "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi kamu yang sedang dan menjadi warga negara Indonesia patut berbangga, karena Indonesia masuk dalam daftar negara terindah di dunia tahun 2022 oleh situs Inggris.

Dilansir dari Nationalgeographic.grid.id, Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah di dunia berdasarkan analisis yang dilakukan oleh situs Inggris, Money.co.uk.

Laporan bertajuk Natural Beauty Report ini baru saja mereka rilis pada 7 Februari 2022. Dalam uraian di situs tersebut, masing-masing negara dianalisis berdasarkan tujuh faktor, yaitu keberadaan gunung berapi, pegunungan, terumbu karang, kawasan lindung, garis pantai, hutan hujan, dan gletser.


Setiap faktor dihitung per 100.000 kilometer persegi menggunakan angka luas lahan yang bersumber dari Bank Dunia. Informasi tersebut kemudian diberi skor normal 10 untuk setiap faktor sebelum skor rata-rata di ketujuh faktor diambil, sebagaimana disarikan ulang oleh Indonesia Expat.

Beberapa negara terindah di dunia 2022 seperti dilansir dari detik.com dan Nationalgeographic.grid.id, yaitu:

1. Indonesia

Negara paling indah pertama di dunia adalah Indonesia dengan skor 7,77/10. Indonesia adalah rumah bagi pemandangan paling alami per 100.000 kilometer persegi seperti gunung, gunung berapi, terumbu karang, dan banyak lagi. Ada 17.000 pulau yang luar biasa dan memiliki lebih dari 50.000 km garis pantai. Dan tak jauh dari pantai pulau-pulau ini, kamu akan menemukan lebih dari 50.000 kilometer persegi terumbu karang penuh dengan kehidupan yang sebagian besar dapat dijelajahi dari provinsi populer, Bali.

Beberapa tempat wisata alam paling populer di Indonesia antara lain hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan (termasuk cagar alam orang utan) dan sejumlah Situs Warisan Dunia UNESCO seperti Taman Nasional Indonesia.

2. Selandia Baru

Di posisi kedua ada negara Selandia Baru. Para penulis laporan menekankan bahwa Selandia Baru adalah rumah bagi perbukitan, puncak gunung yang tajam termasuk Pegunungan Alpen Selatan, dan sejumlah gunung berapi aktif. Selandia Baru juga memiliki jumlah gletser yang tinggi, dengan lebih dari 5.000 per 100.000 kilometer persegi dan garis pantai yang panjangnya lebih dari 15.000 kilometer persegi.

Baca Juga: Kotaeeono, Keindahan Tebing Membelah dengan Kolam Alami di Tengahnya

3. Kolombia

Negara paling indah ketiga di dunia adalah Kolombia dengan skor 7,16/10. Sama seperti Indonesia dan Selandia Baru, Kolombia memiliki garis pantai yang panjang, terutama di sepanjang pantai Karibia. Tak hanya itu, Kolombia juga memiliki bentang alam yang sangat bervariasi, mulai dari pegunungan Andes hingga hutan hujan Amazon.

4. Tanzania

Dikutip dari gotravelly.com, negara Tanzania memiliki skor keindahan 6,98/105. Negara ini merupakan sebuah Negara kecil yang terletak di Benua Afrika Timur dan berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Kenya, Uganda, Rwanda, hingga Mozambik. Meskipun negara kecil, namun terdapat beberapa tempat wisata di Tanzania yang ramai dikunjungi oleh turis-turis asing. untuk itu, Tanzania menjadi salah satu negara di Benua Afrika yang banyak dikunjungi turis.

Objek wisata di negara Tanzania ini sendiri pun cukup beragam. Selain memiliki objek wisata bertemakan alam, Tanzania juga menawarkan beberapa pilihan wisata untuk mengunjungi situs-situs kuno yang konon katanya menjadi tempat asal-usul manusia. Jadi, cukup menarik bagi Anda yang hobi traveling untuk datang dan mengunjungi beberapa tempat wisata di Tanzania.

5. Meksiko

Dilansir dari idntimes.com, negara ini memiliki skor keindahan 6,96/106. Letak negara ini berada di Amerika Utara, tepatnya berbatasan langsung dengan Amerika Serikat dan Guetemala. Terkenal sekali memiliki banyak tujuan destinasi wisata bersejarah seperti Palenque, Coba, Pyramid of the Sun, Ek' Balam, dan Tulum.

6. Kenya

Negara ini memiliki skor keindahan 6,70/107. Melansir dari expedia.co.id, Kawasan dengan keindahan alam yang memukau negara ini terkenal karena alam bebasnya yang sangat luas, taman nasional, pantai sangat indah, dan budaya suku yang banyak ditemukan.

Mulai dari berbagai kota yang riuh dan budaya suku hingga safari alam bebas dan olahraga air, Kenya menawarkan atraksi yang luar biasa beragam. Keelokan alamnya beraneka ragam mulai hutan hujan dan bentangan sabana hingga pegunungan dan pantai. Kenya bermula dari tiga juta tahun yang lalu, ketika berbagai suku Afrika serta penjajah Britania dan Portugis mulai bermukim. Kini, jelajahilah kenakaragaman sejarah dari lebih dari 40 kelompok etnis.

7. India

Negara ini memiliki skor keindahan  6,54/108. Melansir dari merdeka.com, India yang kental dengan sejarah pada masa lampau pun akhirnya membuat negara beribukota New Delhi ini memiliki banyak bangunan menarik untuk dikunjungi. Selain bangunan, banyak pula tempat wisata di India berupa pemandangan alam yang memanjakan mata.

8. Prancis

Negara ini memiliki skor keindahan 6,51/109. Dilansir dari cheria-travel.com,  Perancis adalah sebuah negara di Eropa barat. Perancis adalah negara terbesar ketiga Eropa dalam hal luas wilayah. Hanya Rusia dan Ukraina yang memiliki wilayah lebih luas. Ibukota dan kota terbesar Perancis adalah Paris, salah satu megapolitan di dunia.

Selama ratusan tahun, Paris telah menjadi pusat seni dan ilmu dunia. Banyak seniman besar telah menghasilkan karya terbaik mereka di sana. Setiap tahun, jutaan wisatawan mengunjungi landmark Paris yang terkenal seperti Katedral Notre Dame, Menara Eiffel, dan Louvre -salah satu museum seni terbesar di dunia.

Baca Juga: 25 Kota Terbaik di Dunia 2022, Nomor 3 Mengagumkan

Ada banyak lagi hal menarik seputar Prancis. Pegunungan Alpen yang tertutup salju di bagian tenggara negara itu membentuk perbatasan antara Perancis dan Italia. Pantai cerah dan tebing curam membentang di sepanjang pantai selatan di Laut Mediterania.

9. Papua Nugini

Negara ini memiliki skor keindahan 6,39/1010. Dilansir dari phinemon.com, Papua Nugini merupakan suatu kawasan negara berdaulat yang terletak di Pulau Papua, berbatasan langsung dengan Provinsi Papua (Indonesia) di bagian barat. Papua Nugini memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris pada tahun 1975, dan menjadi salah satu negara persemakmuran Britania Raya.

10. Komoro

Negara ini memiliki skor keindahan 6,22/1,0. Dikutip dari hipwee.com, banyak orang-orang yang belum sepenuhnya mengenal Britania Raya, kebanyakan dari mereka berpikir bahwa Britania Raya itu hanyalah Inggris semata. Namun sebenarnya Britania Raya adalah sebuah negara kesatuan yang terdiri dari beberapa negara yaitu, Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales.

Sejarah yang panjang telah menyatukan keempat negara ini menjadi sebuah negara yang berdaulat. Dengan adanya 4 negara yang berbeda, berarti Britania Raya juga memiliki keragaman budaya dan banyak panorama yang indah.

Dalam posisi 50 besar, ada beberapa negara Asia Tenggara lainnya yang juga masuk dalam daftar. Mereka adalah Filipina di posisi 17, Malaysia di posisi 24, Thailand di posisi 38, dan Myanmar di posisi 41. Selain itu, dalam daftar 50 besar ini juga ada negara-negara besar seperti Amerika Serikat di posisi 12, Tiongkok di posisi 30, dan Rusia di posisi 44. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga