adplus-dvertising

10 Pasar Unik di Dunia, Jual Tengkorak, Pelet hingga Potongan Tubuh Manusia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 26 Juli 2022
554 dilihat
10 Pasar Unik di Dunia, Jual Tengkorak, Pelet hingga Potongan Tubuh Manusia
Pasar voodoo lome di Afrika Barat yang menjual beberapa barang misterius dan aneh. Foto: Repro phinemo.com

" Pasar adalah tempat transaksi jual beli. Biasanya pasar menjual beragam kebutuhan manusia mulai dari sandang, pangan dan papan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasar adalah tempat transaksi jual beli. Biasanya pasar menjual beragam kebutuhan manusia mulai dari sandang, pangan dan papan. Namun bagaimana jadinya jika pasar menjual barang-barang aneh seperti tengkorak?

Ternyata pasar aneh seperti ini ada, beberapa di antaranya terdapat di Indonesia, seperti apa pasar-pasar aneh yang ada di dunia, berikut 9 pasar unik di dunia seperti dilansir dari sejumlah sumber yaitu:

1. Pasar kontainer, Kamboja


Pasar yang dinaungi oleh perusahaan bernama Freitag ini memiliki cara unik dalam mengelola kontainer yang telah usang dan tidak lagi terpakai. Jika biasanya kontainer tidak lagi terpakai akan dibiarkan begitu saja, maka perusahaan ini berbeda. Mereka menyusun kontainer-kontainer tersebut hingga terbentuk menjadi sebuah pasar.

Pasar kontainer menarik turis dari berbagai negara karena tatanannya rapi dan mereka yang ingin membeli kontainer bekas pun dapat melihat-lihat dengan leluasa. Pasar ini tersusun rapi dari 17 kontainer usang dan memiliki tinggi 26 meter. Bagian paling atas dari pasar ini tersedia teleskop guna melihat pemandangan pelabuhan dari ketinggian sehingga menarik bagi para pengunjung.

Selain pasar kontainer di Kamboja  juga punya pasar unik lainnya yaitu pasar laba-laba. Pasar ini menjual laba-laba, bukan buat dipelihara, tapi justru dikonsumsi sebagai camilan. Di tempat ini, kamu bisa menemukan ribuan jenis laba-laba, mulai dari yang berukuran kecil hingga tarantula seukuran telapak tangan.

2. Pasar barang bekas, Australia

Pasar ini termasuk ke dalam kategori pasar unik karena menjual barang bekas yang masih layak untuk digunakan kembali. Anda dapat menemukan baju, celana dan beragam barang bekas lainnya. Pasar ini bahkan menjual buku yang memiliki sejarah dan juga payung unik.

3. Pasar voodoo lome, Afrika barat

Negara Togo wilayah Afrika Barat memiliki satu pasar yang bisa dikatakan sangat unik dan menarik. Pasar tersebut diberi nama Pasar Voodoo Lome. Benda yang diperjual belikan disini sangat misterius dan sering dianggap aneh. Anda hanya akan menemukan banyak potongan tubuh hewan seperti tanduk rusa, kaki gajah, tengkorak, jantung kuda, kepala singa hingga aneka jenis hewan lainnya.

Barang tersebut memang tidak mungkin untuk dimasak atau dikonsumsi. Namun barang dagangan tersebut biasanya dijadikan sebagai bahan baku untuk ramuan obat tradisional. Ramuan yang terbuat dari bahan bangkai hewan-hewan tersebut dikenal sangat manjur. Para Pendeta Voodoo di Lome ini menggunakan ramuan bangkai hewan itu untuk menyembuhkan masyarakat yang datang padanya.

4. Mercado de sonora, Meksiko

Avenida Fray Servando Teresa, Meksiko, juga memiliki pasar yang menjual barang-barang untuk ritual mistis. Boneka voodoo, patung iblis, lilin ritual, sampai ramuan-ramuan misterius tersedia di sini. Banyak penyihir atau dukun dari seluruh dunia datang untuk berbelanja.

Tak hanya menjual kebutuhan ritual, para penganut aliran supranatural biasanya juga membuka lapak di Mercado de Sonora. Pelanggan bisa meminta hal-hal tak lazim, seperti jimat hingga pelet untuk menarik jodoh.

5. Pasar gipsi, Bulgari

Pinggiran Kota Stara Zagora, Bulgaria, akan berubah jadi tempat jual beli jodoh tiap Todorovden atau Hari Santo Todor yang jatuh pada pertengahan Maret. Jangan dibandingkan dengan praktik prostitusi, karena hal ini merupakan adat yang sudah dilakukan turun temurun.

Para gadis berpenampilan menarik akan berkumpul di sana menanti pria yang sekiranya akan dijadikan pasangan hidup. Pria dan wanita yang hadir akan didampingi masing-masing keluarga.

Mereka juga akan menentukan kriteria calon menantu idaman. Pria yang tertarik dengan sang wanita harus meminta izin dan berbincang dengan keluarga wanita.

6. Pasar bisu, Indonesia

Pasar yang terletak di Provinsi Sumatera Barat ini ternyata tak seribut pasar pada umumnya. Pasar ini melakukan transaksi dengan bahasa isyarat. Untuk itulah disebut pasar bisu.

Bukan dengan ngobrol, penentuan kesepakatan dilakukan dengan berjabat tangan di bawah selembar kain. Mereka memiliki kode menggunakan jari yang bisa menunjukkan nominal tertentu, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Baca Juga: Lelaki Ini Bisa Tiduri 100 Wanita Walau Tak Punya Penis, Kisahnya Bikin Kaget

Selain itu terdapat pasar unik lainnya di Indonesia yaitu, Pasar beriman tomohon, yang menjual aneka jenis hewan. Disini kamu akan menemukan banyak daging-daging dari beraneka ragam hewan yang tidak biasa dikonsumsi oleh manusia. Misalnya daging kelelawar, tikus, kera, ular dan lain sebagainya. Meskipun terdengar ekstrim, namun tak sedikit masyarakat yang menyukai makanan tersebut karena masyarakat Manado memang mengkonsumsi daging-daging hewan tersebut dalam kesehariannya.

7. Pasar maeklong, Thailand

Pasar maeklong di Thailand ini bisa dibilang cukup ekstrem, karena berada di pinggir rel kereta api yang aktif dilewati.  Bangunan semi permanen didirikan hingga ke tengah rel. Kalau ada tanda kereta api akan lewat, mereka menghentikan proses jual beli dan bergegas merapikan dagangannya.

8. Pasar penyihir, Bolivia

Pasar unik dan menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Pasar Tenung yang terletak di Bolivia, Amerika Selatan. Barang yang dijual pada pasar ini merupakan bahan baku untuk kebutuhan para penyihir, dukun, dokter, ahli bintang dan juga peramal.

Anehnya adalah barang di sini hampir semuanya mengandung mistis. Janin dari berbagai jenis hewan yang telah kering digunakan pada ritual para peramal dan dukun.

Tidak hanya itu, bangkai katak, batu asteroid dan juga bulu burung hantu sering dijadikan sebagai jimat. Pasar ini sudah lama menjual barang-barang yang dibutuhkan para penyihir atau dukun di Bolivia.

9. Pasar potongan tubuh manusia, London

Pasar aneh dan menyeramkan lainnya, terdapat di Smithfield yang ada di London. Bagaimana tidak, pasar ini menjual aneka potongan tubuh manusia dengan bentuk kaki, tangan maupun bentuk tubuh lainnya.

Namun meskipun terlihat seperti bentuk tubuh manusia, potongan daging yang digantung bebas di pasar ini ternyata terbuat dari daging babi, hamburger dan ayam. Daging ini kemudian dibentuk seperti potongan tubuh manusia dan dijual di pasar ini.

Baca Juga: Deretan Orang Korban Bully Tapi Sukses, Nomor 3 Paling Kaya di Dunia

Para pembeli yang berani masuk ke dalam pasar ini akan diperlihatkan fasilitas pembuatan daging manusia. Orang yang membelinya akan bisa melihat kerangka daging seperti di film horor.

10. Pasar anak, Bangladesh

Bisa dibilang pasar ini sangat tidak berperikemanusiaan. Bagaimana tidak, pasar ini menjual manusia terutama anak-anak sebagai barang dagangannya. Meski terbilang ilegal, tapi keberadaan pasar ini sudah jadi rahasia umum. Yang paling sering menjadi korban adalah anak-anak di bawah umur. Mereka sengaja dijual olah keluarga mereka sendiri. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Baca Juga