10 Referensi Situs untuk Mencari Jurnal Karya Tulis Ilmiah

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 23 Januari 2021
0 dilihat
10 Referensi Situs untuk Mencari Jurnal Karya Tulis Ilmiah
Kebanyakan orang seringkali kebingungan dimana harus mencari jurnal untuk dijadikan referensi. Foto: Repro Google.com

" Untuk membuat karya tulis ilmiah, tentunya membutuhkan referensi yang ilmiah pula, seperti jurnal karya ilmiah, buku dan artikel lainnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Rekan-rekan dosen maupun mahasiswa pasti pernah dituntut untuk membuat karya tulis ilmiah atau sejenisnya.

Untuk membuat karya tulis ilmiah, tentunya membutuhkan referensi yang ilmiah pula, seperti jurnal karya ilmiah, buku dan artikel lainnya.

Kebanyakan orang seringkali kebingungan dimana harus mencari jurnal untuk dijadikan referensi. Berikut Telisik.id telah merekomendasikan 10  situs untuk mencari jurnal karya tulis ilmiah.

1. E-resources.perpusnas.go.id

Situs web Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) ini sudah menjadi langganan akademisi untuk berburu jurnal. Untuk cara masuknya, Anda harus menjadi anggota Perpus secara online supaya bisa mengakses dimana pun.

2. LIPI.go.id

Ini dia referensi untuk kamu yang suka pusing baca jurnal Bahasa Inggris. LIPI atau Lembaga Imu Pengetahuan Indonesia merupakan lembaga pemerintah non kementerian tapi koordinatornya adalah Kemenristekdikti. Hampir semua jurnal disini bisa diunduh gratis dan berbahasa Indonesia.

3. ijern.com

International Journal of Education and Research mereview jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications). Situs ini adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa berbagi ilmu pengetahuan.

4. doaj.org

Directory of Open Access Journal (DOAJ) Direktori khusus untuk jurnal berstatus open access, menyediakan fasilitas pencarian link menuju laman jurnal internasional gratis. Tinggal ketik saja jurnal yang dikehendaki, doaj.org akan memberikan jurnal lewat data yang dimiliki.

Baca juga: Wanita Wajib Ketahui 4 Tips Minta Uang Belanja Tambahan pada Suami

5. sciencedirect.com

Yang ini adalah situs penyedia artikel, jurnal, dan buku. Meskipun ada yang berbayar, tapi yang gratis bisa dicari pada bagian open access.

6. Researchgate.net

Ini adalah situs tempat berkumpulnya komunitas online peneliti, peneliti bisa mengupload jurnal atau saling request jurnal secara gratis. Untuk mendaftar menggunakan email institusi atau kampus. Kamu bisa ke IPTIK atau ICT kampus masing-masing untuk meminta email student atau email khusus mahasiswa

7. Google Scholar

Seperti mesin pencari pada umumnya, hanya saja dikhususkan untuk jurnal ilmiah maupun skripsi. Tinggal ketik scholar.google.com dan cari kata kunci yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

8. Freefullpdf.com

Pencarian khusus untuk menemukan paper atau publikasi.

9. libgen.org

Library Genesis menyediakan jurnal lama sampai baru, bisa diakses secara gratis juga lho. Tetapi situs ini ilegal, kata teman-teman.

10. Minta Tolong Teman

Kalau semua sudah dicoba, ada satu lagi, yaitu tanya kepada rekan-rekan Anda, mungkin mereka mengetahui, atau tanya kepada dosen yang telah banyak melakukan penelitian, pasti mereka mengetahui tempat mecari refrensi yang tepat untuk karya tulis mu, atau minta tolong teman yang ada di luar negeri atau kampus yang berlangganan jurnal-jurnal ilmiah. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga