100 Warga Binaan Lapas Perempuan Lulus Pembinaan Pelatihan BLK Kendari

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 01 September 2020
0 dilihat
100 Warga Binaan Lapas Perempuan Lulus Pembinaan Pelatihan BLK Kendari
Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu (kanan) bersama Kepala Divisi Permasyarakatan Kemenkumham, Muslim (kiri). Foto: Ist.

" Saya percaya, para warga binaan yang dilatih ini, sudah mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, dibuktikan dengan sertifikat yang telah mereka dapatkan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembinaan kemandirian yang dibuat dalam lima paket pelatihan bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas (LPPK) III Kendari resmi ditutup.

Dalam proses tersebut 100 warga binaan yang terdiri dari lima paket pelatihan yakni merajut, tata kecantikan, hidroponik, tata boga dan menjahit dasar dinyatakan lulus sesuai isi sertifikat yang dikeluarkan BLK Kendari.

Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu mengatakan, paket pelatihan yang dilaksanakan di Lapas Perempuan telah berlangsung sejak 3 Agustus 2020 lalu, dengan pembagian lima paket yang setiap paketnya memiliki peserta sebanyak 20 warga binaan dan dilaksanakan selama 10 hari.

"Ini merupakan hasil dari MoU yang kita teken bersama Kepala Kanwil KemenkumHAM Sultra pada 15 Januari 2020 lalu, dengan tujuan memberikan pendidikan pembinaan kemandirian bagi warga binaan," ungkapnya, Selasa (1/9/2020).

Berdasarkan hal tersebut, orang nomor satu di BLK Kendari ini berharap agar 100 warga binaan yang telah dilatih pihaknya bisa lebih baik dengan bekal pendidikan pelatihan yang diberikan.

Katanya, minimal dengan pendidikan itu, para warga binaan tidak lagi mengulang kekeliruan yang dilakukan sebelumnya dan dari sisi ekonomi mampu menolong diri sendiri atau keluarga.

Baca juga: Positif COVID-19 di Sultra Bertambah 42 Orang, Satu Meninggal

"Saya percaya, para warga binaan yang dilatih ini, sudah mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, dibuktikan dengan sertifikat yang telah mereka dapatkan," jelasnya.

Sementara, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil KemenkumHAM) Sultra, Muslim menambahkan, jika pihaknya memiliki harapan yang sama dengan BLK Kendari, yaitu mampu mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dengan baik untuk menolong diri sendiri atau keluarga.

"Kami tidak ingin mereka kembali lagi di sini karena persoalan yang sama seperti sebelumnya. Jadi, pendidikan keterampilan yang didapatkan ini perlu dimanfaatkan dengan baik dengan niatan yang baik pula," sebutnya.

Pihaknya juga, secara institusi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya ke pada BKL Kendari atas kerjasama yang telah dibangun untuk memberikan pelatihan ke warga binaan.

"Yang mampu memberikan keterampilan adalah BLK Kendari dan karena hal itu kami mengucapkan terimakasih sebab telah bersedia bekerjasama dengan kami," tutupnya.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga