adplus-dvertising

12 Jadwal Piket Organ Tubuh Manusia, Cara Sederhana untuk Jaga Kesehatan

Haidir Muhari, telisik indonesia
Senin, 23 Agustus 2021
3921 dilihat
12 Jadwal Piket Organ Tubuh Manusia, Cara Sederhana untuk Jaga Kesehatan
Ilustrasi menghirup udara segar untuk menjaga kesehatan paru-paru. Foto: Repro Duniamasak.com

" Tubuh manusia memiliki 12 jadwal piket organ utama. "

KENDARI, TELISIK.ID - Hidup dan kesehatan adalah anugerah yang tak terhingga harganya bagi manusia.

Setiap orang menginginkan senantiasa sehat walaupun afiat. Apalagi di musim pandemi seperti sekarang ini.

Orang bijak mewasiatkan hidup bukan untuk kerja. Sebab semua pencapaian dari kerja-kerja itu tidak ada berarti jika kesehatan terganggu. Pada akhirnya, setiap orang bekerja untuk menjaga kehidupan dan kesehatannya.


Tubuh manusia memiliki 12 jadwal piket organ utama. Untuk menjaga kesehatan secara maksimal tubuh, kita perlu mengetahui jadwal piket organ-organ tubuh tersebut. Simak ulasan berikut ini:

1. Usus Besar (05.00 – 07.00)

Usus besar biasa disebut juga kolon. Mengelilingi seluruh rongga perut. Organ ini memiliki memiliki peran penting dalam penyempurnaan proses pencernaan makanan.

Jam ini merupakan jam usus besar piket sangat kuat. Jam ini waktunya usus besar membuang racun melalui buang air besar.

Untuk menjaga kesehatan organ ini adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti sayur, buah, dan biji-bijian. Juga perbanyak minum air putih serta membatasi konsumsi daging merah atau daging olahan yang telah melalui proses panjang seperti sosis dan nugget

2. Lambung (07.00 – 09.00)

Jam piket organ lambung sedang kuat. Waktunya lambung menyerap makanan dengan optimal. Sebaiknya sarapan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari.

Baik untuk mengonsumsi jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan pagi. Jauhi mengonsumsi makanan pedas atau asam. Hal itu dapat, sehingga menyebabkan iritasi pada lapisan lambung dan memicu perih.

Baca juga: Bayi yang Lahir di Masa Pandemi Tunjukkan Perkembangan Kognitif Berbeda

3. Limpa (09.00 – 11.00)

Limpa berfungsi untuk menyaring sel darah merah yang rusak serta memelihara dan menjaga sistem imunitas tubuh. Bila fungsi limpa terganggu, maka tubuh akan rentan terserang penyakit.

Pada jam ini piket organ limpa kuat, dalam mentransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini mengantuk, berarti fungsi limpa lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

4. Jantung (11.00 – 13.00)

Ukuran jantung sebesar kapalan tangan. Fungsinya memompa dan menyebarkan darah ke seluruh tubuh. Serta menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru.

Jam ini piket organ jantung kuat. Untuk itu disarankan istirahat, hindari panas dan olah fisik. Jaga ambisi dan emosi saat di jam ini, terlebih bagi penderita gangguan pembuluh darah.

5. Hati (13.00 – 15.00)

Pada jam ini juga, jam piket organisasi hati lemah. Bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit.

6. Paru-paru (15.00 – 17.00)

Jam piket organ paru-paru lemah, terjadi proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru. Diperlukan istirahat.

7. Ginjal (17.00 – 19.00)

Jam piket organ ginjal kuat. Ginjal menyaring racun untuk dibuang. Wajar pada jam ini kita sering ingin buang air kecil. Jam ini sebaiknya digunakan untuk belajar karena proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

8. Lambung (19.00 – 21.00)

Jam piket organ lambung lemah. Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi makan yang sulit dicerna atau lama dicerna. Sebaiknya pada jam ini Anda sudah berhenti makan.

Baca juga: Kenali Sindrom Bebek, Gangguan Psikologis yang Biasa Dialami Mahasiswa

9. Limpa (21.00 – 23.00)

Jam piket organ limpa lemah. Sedang terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya Anda istirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa untuk meningkatkan imunitas.

10. Jantung (23.00 – 01.00)

Jam piket organ jantung lemah. Sebaiknya sudah beristirahat tidur, apabila masih terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung.

11. Hati (01.00 – 03.00)

Jam piket organ hati kuat. Terjadi proses pembuangan racun atau limpa hasil metabolisme tubuh.

Tidur akan menjadikan proses tersebut optimal. Gangguan fungsi hati terlihat pada kotoran dan gangguan mata. Selain itu, jika ada luka dalam akan terasa nyeri.

12. Paru-Paru (03.00 – 05.00)

Jam piket organ paru-paru kuat. Sementara berlangsung proses detoksifikasi.

Paru-paru sementara berjuang membuang limbah atau racun pada organ paru-paru. Sehingga mengakibatkan batuk, bersin, atau keringat. Ini bisa menjadi tanda ada gangguan pada paru-paru.

Anda disarankan untuk olah nafas untuk mendapatkan energi paru yang sehat dan kuat. Penting juga untuk mencium aroma wangi, aroma terapi, atau keluar rumah untuk merasakan udara segar.

Itulah 12 jadwal piket organ utama pada tubuh manusia. Kita bisa menyesuaikan asupan makanan, minuman, vitamin serta pengobatan sesuai jadwal piket organ tubuh.

Untuk kesehatan maksimal, perlu menjaga pola hidup lebih sehat, sehingga organ-organ itu dapat berfungsi secara maksimal. Sebaiknya aktivitas yang kita lakukan mendukung kerja organ tubuh. 

Misalnya, kurangi tidur di atas pukul 23.00 karena saat itu kondisi jantung tengah lemah. Semoga bermanfaat. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga