adplus-dvertising

2 Hari Setelah Lebaran, WNA China Terus Berdatangan di Bandara Soetta

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 15 Mei 2021
2876 dilihat
2 Hari Setelah Lebaran, WNA China Terus Berdatangan di Bandara Soetta
Di tengah larangan mudik, rombongan WNA China terus berdatangan ke Indonesia. Foto: Repro/Alnea.id

" Sepertinya pesawat carter "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dua hari setelah lebaran, Warga Negara Asing (WNA) China hingga Korea terus berdatangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Meski di tengah larangan mudik hari raya Idul Fitri yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 6-17 Mei 2021, rombongan WNA ini pun terus masuk di Indonesia.

Mengutip dari Tempo, Sabtu (15/5/2021), pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF855 dari Fuzhou, China, mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, pada Kamis 13  Mei 2021, sekitar pukul 12.20.


Rombongan WNA ini pun langsung menjalani karantina di wisma hotel yang telah ditunjuk Satgas Gugus TNI.

Baca Juga: Honorer K2 Umur di Atas 35 Tahun Berpeluang Besar jadi ASN Tahun Ini

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, dalam pesawat tersebut terdapat total 114 penumpang yang memuat 110 WNA asal China.

Rinciannya, tempat karantina WNA yakni terdapat  di Hotel Arcadia berjumlah 53 orang, kemudian hotel Shangrila 1 orang, Grand Sahid Jaya 18 orang, Mercure Jakarta Batavia 9 orang, dan Holiday Inn Gajah Mada 30 orang.

Pada penerbangan itu pula terdapat 1 WNA asal Korea yang melakukan karantina di Hotel Grand Sahid, 2 WNI yang karantina di Hotel Mercure Batavia dan 1 WNI karantina di Wisma Atlet.

Sementara pihak Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muwardi mengungkapkan pesawat Xiamen Airlines  tersebut  

tidak terdaftar dalam jadwal penerbangan kedatangan internasional reguler.

“Sepertinya pesawat carter,” ujar Holik seperti dikutip dari tempo, Kamis (13/5/2021) malam.

Baca Juga: Simak, Syarat dan Jadwal Lengkap Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Sepanjang hari H lebaran, lanjut Holik, Bandara Soekarno-Hatta melayani 13 penerbangan internasional yang mengangkut 950 penumpang dan 8 penerbangan domestik yang mengangkut 500 penumpang.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Arya Pradhana Anggakara belum merespons pertanyaan soal kedatangan rombongan warga China saat lebaran ini. 

Beberapa hari sebelum lebaran, rombongan WNA asal China juga tercatat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Seluruh penumpang WNA China ini pun datang secara mandiri. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga