2 Penyebab Utama Susah BAB Saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 05 April 2023
0 dilihat
2 Penyebab Utama Susah BAB Saat Puasa
Salah satu penyebab sulit BAB saat puasa adalah penurunan aktivitas usus. Foto: Repro iStock

" Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami saat puasa Ramadan adalah susah buang air besar (BAB) atau sembelit "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami saat puasa Ramadan adalah susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Kondisi ini tidak terjadi begitu saja, tapi ada penyebabnya.

Pada umumnya, dikutip dari siloamhospitals.com, sembelit merupakan kondisi di mana kita mengalami keluhan susah buang air besar (BAB).

Masalah kesehatan ini disebabkan oleh penurunan aktivitas usus. Gejala awal yang paling umum yaitu BAB yang tidak tidak teratur, dengan frekuensi kurang dari 3 kali seminggu.

Seringkali sulit BAB ini dialami sebagian orang saat menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadan. Pasalnya, saat puasa terjadi perubahan gaya hidup mulai dari perubahan pola makan, kurang aktivitas fisik sehingga mengalami sembelit.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Susah BAB Saat Puasa

Hanya saja ada dua hal penyebab susah BAB di bulan puasa seperti dikutip dari halodoc.com, yaitu kurang serat dan kurangnya cairan tubuh.

1. Kurang Serat

Perubahan pola makan selama puasa membuat banyak orang kurang memperhatikan asupan makanannya dengan baik, terutama serat. Padahal, nutrisi yang satu ini amat penting dalam sistem pencernaan.

Serat dapat meningkatkan kemampuan gerak peristaltik usus dan membuat dinding usus lebih mengembang. Dengan begitu, sisa makanan bisa tercerna dengan mudah, tak perlu berlama-lama di dalam usus.

2. Kurang Minum

Susah BAB saat berpuasa juga bisa disebabkan karena kurangnya cairan tubuh. Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik faktanya memang sering membuat banyak orang sembelit.

Baca Juga: 6 Jenis Buah Ini Bisa Atasi Dehidrasi Saat Puasa

Air memiliki peran yang amat penting, air akan melarutkan zat-zat makanan dan mengangkut sisa makanan ke dalam sistem pembuangan tubuh. Olehnya itu, bila tubuh mengalami dehidrasi, maka sisa makanan akan sulit di bawah ke sistem pembuangan tubuh.

Nah, itulah dua penyebab yang banyak dipakai seseorang sehingga dia mengalamai susah BAB atau sembelit saat menjalani ibadah puasa Ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga