24 Kloter Siap Diterbangkan ke Tanah Suci, 300 Jemaah Belum Lunasi Biaya Haji

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Jumat, 19 Mei 2023
0 dilihat
24 Kloter Siap Diterbangkan ke Tanah Suci, 300 Jemaah Belum Lunasi Biaya Haji
Kualanamu Internasional Airport di Deli Serdang, Sumatera Utara, akan memberangkatkan jemaah haji asal Provinsi Sumatera Utara. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Jumlah jemaah calon haji dari Provinsi Sumatera Utara yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun 2023 sebanyak 7.686 orang "

MEDAN, TELISIK.ID - Jumlah jemaah calon haji dari Provinsi Sumatera Utara yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun 2023 sebanyak 7.686 orang. Para jemaah akan diberangkatkan dalam 24 kelompok terbang (kloter).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatra Utara H Ahmad Qosbi mengatakan itu kepada awak media, Jumat (20/5/2023) siang.

"Tahun ini Provinsi Sumatera Utara akan memberangkatkan 7.686 jemaah calon haji yang terbagi dalam 24 kelompok terbang. Daerah kita ini menjadi provinsi yang mendapat kuota cadangan 30 persen dari pemerintah pusat," ucapnya.

Diakui Ahmad Qosbi, jumlah kuota yang diberikan Kementerian Agama sebanyak 8.328 jemaah. Namun hingga saat ini, baru 7.686 jemaah yang dinyatakan siap berangkat haji. Ada jemaah yang belum melunasi biaya haji.

"Iya, memang masih ada jemaah calon haji yang belum melunasi pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2023. Sekira 300 jemaah calon haji yang belum melunasi. Kami akan selalu berkomunikasi dengan mereka," ungkapnya.

Baca Juga: Kuota Calon Jamaah Haji Kolaka Utara Tahun Ini Capai 120 Orang

Informasi yang dihimpun, pada tahun 2022, sebanyak 22 kloter jemaah haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci. Tahun ini bertambah menjadi 24 kloter.

Jemaah calon haji akan diberangkatkan dengan pesawat Boeing 77 dari Bandara Kualanamu Internasional yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

"Mudah-mudahan tahun ini kondisi jemaah calon haji sehat dan tidak ada kendala apapun. Keberangkatan jemaah calon haji ini dilakukan mulai 24 Mei hingga 17 Juni," terangnya.

Terpisah, Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur membenarkan bahwa jemaah calon haji nantinya akan berangkat dari Bandara KNIA.

Manajer Bandara Internasional Kualanamu tahun ini mempersiapkan dua pelayanan haji, yaitu pelayanan embarkasi haji dan pelayanan teknikal landing penerbangan haji dari embarkasi lain yang akan mengisi bahan bakar di Bandara Kualanamu total sebanyak 337 penerbangan.

Dibandingkan dengan pelaksanaan haji sebelumnya di Bandara Kualanamu, PT Angkasa Pura Aviasi untuk tahun ini lebih fokus di jumlah frekuensi yang lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Mereka akan meningkatkan koordinasi dengan seluruh stakeholder antara lain Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI dan Polri.

“PT Angkasa Pura Aviasi akan melayani penerbangan haji sebanyak 24 kloter menggunakan maskapai Garuda Indonesia pada periode Haji 1444 H/2023 M," tambahnya.

Baca Juga: Resmi Dilepas, 295 Jamaah Haji Kota Kendari Berangkat 21 Juni

Dedi memastikan seluruh fasilitas pelayanan dan operasional dalam kondisi baik untuk melayani penerbangan haji. Koordinasi erat juga dilakukan di antara seluruh stakeholder yang bertugas.

Dia optimis penerbangan haji 2023 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Kami memohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat agar Bandara Kualanamu dapat dengan baik menjadi embarkasi bagi para jemaah haji tahun ini. Bandara Kualanamu akan memberikan pelayanan terbaik untuk mengantarkan jemaah haji menuju Tanah Suci,” tuturnya.

Dia menegaskan, penerbangan haji di Bandara Kualanamu didukung dengan persiapan di sisi udara dan di sisi darat untuk kemudahan dan kenyamanan jemaah calon haji. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga