258 Anggota PPS di Muna Barat Perlu Tekankan Hal Ini

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 24 Januari 2023
0 dilihat
258 Anggota PPS di Muna Barat Perlu Tekankan Hal Ini
Proses penandatanganan janji oleh anggota PPS se-Kabupaten Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" 258 anggota Panita Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Muna Barat harus berintegrasi, bekerja sesuai regulasi dan profesionalisme "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - 258 anggota Panita Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Muna Barat harus berintegrasi, bekerja sesuai regulasi dan profesionalisme.

Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, jumlah kebutuhan KPU Muna Barat yaitu tiga orang per desa, maka dari 86 desa dan kelurahan yang ada, total peserta PPS yang dilantik sebanyak 258 orang.

Untuk itu, ia mengharapkan sesuai dengan janji dan pakta integritas yang telah dibacakan, para anggota PPS dapat bekerja secara profesionalisme, artinya bekerja sesuai dengan regulasi tanpa harus menambah atau mengurangi dari regulasi tersebut.

Baca Juga: 399 Anggota PPS Kolaka Timur Dilantik

"Begitu pula sikap anggota PPS pada peserta pemilu, jangan dilebihkan dan dipersulit, harus adil pada peserta pemilu," ungkap Awal, Selasa (24/1/2023).

Awal katakan setelah dilantik, anggota PPS telah langsung bekerja, di mana tahap awalnya mampu berkoordinasi dengan para kepala desa atau kepala lurah. Sesuai dengan Surat Edaran Kemendagri ada tanggung jawab dari pemda untuk memfasilitasi sekretariat dan personel sekretariat, maka ia harapkan kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi terkait kebutuhan sekretariat dan personelnya.

Selanjutnya, 26 Januari 2023 akan dilaksanakan penerimaan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarli) oleh anggota PPS, penerimaan jumlahnya sesuai dengan jumlah TPS di tiap desa dengan jumlah total se Kabupaten Muna Barat yaitu 266 TPS, maka ini juga menjadi tugas pertama dari anggota PPS.

Baca Juga: Belum Dilantik, PPS di Muna Sudah Malas

Sehingga ia mempertegas kepada anggota PPS yang telah terlantik untuk selalu menjaga solidaritas dan kekompakan bersama PPK dan internal KPU, sebab hasil yang diraih oleh anggota PPS saat ini atas kerja keras yang ditekuni tanpa bantuan pihak manapun.

Sementara itu, Sekda Muna Barat, LM Husein Tali mengatakan, seluruh anggota PPS telah terlantik untuk bekerja dengan maksimal, pasalnya badan ad hock inilah yang nantinya akan melahirkan para pemimpin di daerah ataupun nasional.

"Mulai sekarang pelajari dengan baik aturan tentang pemilihan, dan selalu mengikuti intruksi KPU, serta komunikasi dengan baik bersama PPK," singkatnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga