3 Rekomendasi Resep Murah dan Sehat di Akhir Bulan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 27 Januari 2023
0 dilihat
3 Rekomendasi Resep Murah dan Sehat di Akhir Bulan
Sebutir telur seharga Rp 2 ribu bisa menjadi menu akhir bulan, cukup cabai, bawang putih dan tepung terigu bisa dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat. Foto: Repro Idntimes.com

" Tidak hanya karena isi dompet yang semakin berkurang, biasanya ide menu makan juga mulai kering di tanggal tua. Ujung-ujungnya, mi instan jadi solusi untuk mengganjal perut "

KENDARI, TELISIK.ID -  Memasuki akhir bulan, kepala akan semakin pusing akibat persediaan uang belanja yang semakin menipis, terutama bagi perantau yang jauh dari orang tua dan tinggal ngekos atau di kontrakan.

Tidak hanya karena isi dompet yang semakin berkurang, biasanya ide menu makan juga mulai kering. Ujung-ujungnya, mi instan jadi solusi terpraktis untuk mengganjal perut. Tak ada salahnya mengonsumsi mi instan, namun akan lebih baik jika Telisikers tetap memperhatikan nilai gizi.

Berikut ini beberapa resep makanan yang menggunakan bahan murah namun tetap sehat, untuk menambah nutrisi dalam menu makan, seperti dikutip dari Parboaboa.com dan Idntimes.com.

1. Tempe penyet kemangi

Bahan:

1 papan tempe

1 buah tomat ukuran sedang

2 cm terasi bakar

5 buah cabai rawit (sesuai selera)

1 ikat kemangi (cuci bersih)

gula, garam, penyedap sesuai selera

Baca Juga: 3 Resep Enak dan Bergizi tapi Tetap Hemat

Cara membuat:

1. Larutkan garam dengan air secukupnya, iris tempe dan goreng hingga matang. Cuci bersih cabai rawit dan tomat, goreng setengah matang, angkat dan tiriskan.

2. Ulek cabai dan tomat yang sudah digoreng, tambahkan gula, garam terasi bakar dan penyedap sesuai selera. Tambahkan tempe yang sudah digoreng, penyet di atas sambal. Tambahkan kemangi di atasnya. Tempe penyet kemangi siap dinikmati.

2. Tumis timun telur

Bahan:

1 buah timun

1 siung bawang putih, cincang halus

½ sdt garam

1 sdt kaldu bubuk

½ sdt lada

2 butir telur

Cara pembuatan:

1. Kupas timun dan cuci bersih di air mengalir. Belah menjadi dua bagian lalu potong kecil-kecil. Panaskan minyak dan tumis bawang putih hingga wangi.

2. Kemudian masukkan timun, garam, kaldu bubuk, lada dan sedikit air. Aduk dan tumis hingga timun lembut. Pecahkan telur di dalam mangkok dan aduk hingga tercampur rata.

3. Masukkan ke dalam masakan lalu aduk dan masak hingga matang. Jangan lupa untuk mengecek rasa. Angkat masakan dan tata di dalam mangkok. Makanan siap disajikan.

3. Telur geprek

Bahan:

Telur ayam

1 bungkus tepung serbaguna

7 buah cabai rawit

2 buah bawang putih

gula, garam, penyedap sesuai selera

Baca Juga: Tiga Inspirasi Resep Akhir Bulan

Cara membuat:

1. Kocok telur di dalam wadah, masukkan tepung serbaguna. Aduk hingga rata. Goreng telur di atas penggorengan sebentar. Angkat.

2. Masukkan ke dalam adonan tepung, dan goreng kembali. Bolak-balik hingga matang, angkat dan sisihkan. Rebus cabai rawit dan bawang putih sebentar. Angkat dan haluskan dengan ulekan.

3. Jika sudah halus, siram dengan minyak panas. Sajikan dengan telur goreng tepung dan geprek menggunakan ulekan. Telur geprek siap disajikan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

Kutipan

Artikel Terkait
Baca Juga