3 Tim Berpeluang Rebut Tiket Semifinal Piala AFF 2022

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 30 Desember 2022
0 dilihat
3 Tim Berpeluang Rebut Tiket Semifinal Piala AFF 2022
Thailand, Indonesia dan Kamboja masih sama-sama memiliki peluang meraih tiket semifinal Piala AFF 2022. Foto: Repro Tempo.co

" Ada tiga tim besar yang akan memperebutkan tiket semifinal yaitu Thailand, Indonesia dan Kamboja "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pertandingan Piala AFF 2022 menyisakan tiga tim besar yang akan memperebutkan tiket semifinal. Negara yang masih berpeluang tersebut yaitu Thailand, Indonesia dan Kamboja.

Indonesia akan bertandang ke markas Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila. Sedangkan Thailand akan menjamu Kamboja di Thammasat Stadium, Pathum Thani.

Dilansir dari Tempo.co, kedua tim bermain 0-0 di babak pertama. Indonesia unggul lebih dahulu lewat gol penalti Marc Klok pada menit ke-49. Thailand harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-62. Pemain pengganti Sanrawat Dechmitr mendapatkan kartu merah. Namun, meski kalah jumlah pemain, mereka mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-79, lewat gol Sarach Yooyen.

Dalam laga lainnya di grup sama, Kamboja berhasil menjaga asa lolos ke semifinal setelah menang 5-1 saat menjamu Brunei Darussalam di Morodok Techno National Stadium, Phnom Phen.

Saat ini, Thailand memimpin klasemen dengan tujuh poin, hasil dari dua kemenangan dan sekali imbang. Indonesia juga memiliki jumlah poin yang sama, namun kalah selisih gol. Sedangkan Kamboja menempati urutan ketiga dengan enam poin.

Baca Juga: Hasil Sementara Piala AFF 2022 Grup A

Namun, situasi sengit ini membuat ketiga negara punya kesempatan untuk lolos ke fase gugur. Berikut ini syarat ketiga negara lolos ke semifinal dikutip dari Detik.com.

1. Thailand:

- Jika tidak kalah dari Kamboja (seri atau menang), apapun hasil Filipina vs Indonesia.

- Jika Thailand dikalahkan Kamboja dan Indonesia juga dikalahkan Filipina, Thailand akan lolos jika unggul selisih gol di klasemen akhir atas Indonesia.

- Jika Thailand dikalahkan Kamboja dan Indonesia dikalahkan Filipina, kemudian selisih gol Thailand dan Indonesia sama di klasemen akhir, maka Thailand akan lolos jika memiliki jumlah gol lebih banyak dari Indonesia di klasemen akhir.

2. Indonesia:

- Jika tidak kalah dari Filipina (seri atau menang), apapun hasil Thailand vs Kamboja. Indonesia lolos jika dikalahkan Filipina namun Thailand mengalahkan Kamboja.

- Jika Indonesia dikalahkan Filipina dan Kamboja seri melawan Thailand, Indonesia akan lolos jika unggul selisih gol di klasemen akhir atas Kamboja

- Jika Indonesia dikalahkan Filipina dan Thailand dikalahkan Kamboja, Indonesia akan lolos jika unggul selisih gol di klasemen akhir atas Thailand

- Jika Indonesia dikalahkan Filipina dan Thailand dikalahkan Kamboja, kemudian selisih gol Indonesia dan Thailand sama di klasemen akhir, maka Indonesia akan lolos jika memiliki jumlah gol lebih banyak dari Thailand di klasemen akhir.

Baca Juga: Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Vs Thailand Bermain Imbang Skor 1-1

3. Kamboja:

- Kamboja lolos jika menang atas Thailand, apapun hasil Filipina vs Indonesia

- Kamboja lolos jika seri melawan Thailand dan Indonesia kalah lima gol dari Filipina. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga