4 Cara Membuat Masker Wajah untuk Kulit Kusam Menggunakan Bahan Alami

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Kamis, 03 Juni 2021
0 dilihat
4 Cara Membuat Masker Wajah untuk Kulit Kusam Menggunakan Bahan Alami
Masker wajah untuk mengatasi kulit kusam dari bahan alami Foto: Repro facotofeet.com

" Pepaya dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam berkat kandungan vitamin C di dalamnya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dari pada Anda membeli masker wajah yang dijual di berbagai toko kecantikan, mending buat sendiri, tidak perlu mengeluarkan uang.

Ada beberapa masker dari bahan alami untuk wajah kusam yang bisa Anda buat sendiri dan bahannya mudah didapatkan.

Bahan-bahannya diyakini dapat mencerahkan kulit berkat kandungan zat tertentu di dalamnya.

Mengutip Alodokter.com berikut empat cara membuat masker wajah untuk kulit kusam dengan menggunakan bahan alami.

1. Masker lemon

Lemon dapat dijadikan sebagai masker wajah alami untuk kulit kusam. Caranya cukup mudah, yaitu celupkan kapas ke perasan air lemon untuk dioleskan ke wajah dengan cara ditepuk-tepuk, kemudian diamkan hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

Kandungan vitamin C dalam lemon dapat mencerahkan kulit secara alami sehingga mampu membantu mengatasi kulit kusam. Meski demikian, penggunaan masker lemon kurang direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif, karena kandungan asam pada lemon bisa mengiritasi kulit.

2. Masker pepaya

Masker wajah alami untuk kulit kusam berikutnya adalah masker pepaya. Pepaya dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat masker ini, Anda dapat mencampurkan ¼ cangkir pepaya dengan 1 sendok teh jus nanas segar.

Kemudian, aplikasikan masker ini ke wajah dan leher secara merata dan diamkan selama 15–20 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Dengan melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu, kulit wajah dapat terlihat lebih cerah.

Baca Juga: Atasi Sifat Malas ala Orang Jepang

3. Masker alpukat

Kulit kusam tidak hanya dipicu oleh penumpukan sel kulit mati, tapi juga bisa dipicu oleh kulit kering. Agar keluhan kulit kering tidak memicu masalah baru, Anda perlu menjaga kelembabannya dengan baik, salah satunya adalah dengan menggunakan masker alpukat.

Masker alpukat dapat membantu mengurangi keluhan kulit kering, karena buah ini tidak hanya mengandung vitamin C dan E, tapi juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat dalam melembabkan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat masker ini, Anda dapat mengaplikasikan buah alpukat yang telah matang dan dihaluskan ke wajah secara merata.

Jika di rumah Anda terdapat madu dan yogurt, Anda dapat menambahkan kedua bahan ini ke dalam masker alpukat, karena keduanya juga dapat membantu mencerahkan kulit kusam.

Takaran untuk masker pencerah wajah ini adalah ¼ buah alpukat yang telah dihaluskan, 1 sendok teh madu, dan 3 sendok teh yogurt.

Campurkan ketiganya hingga membaur secara merata, lalu aplikasikan ke wajah selama 10?15 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Masker kunyit

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam kunyit mampu membuat kulit terlihat lebih cerah. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkannya sebagai masker wajah alami untuk kulit kusam.

Cara penggunaan masker kunyit juga tidak sulit. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan yogurt.

Kemudian, aplikasikan ke wajah selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Meski penggunaan masker wajah alami untuk kulit kusam di atas mampu membuat kulit menjadi lebih cerah, Anda tetap harus mengaplikasikannya secara hati-hati.

Sebelum mengoleskan masker tersebut ke seluruh wajah, ada baiknya untuk mengoleskan sedikit terlebih dahulu ke area kulit di sekitar rahang.

Baca Juga: 6 Tanaman Hias yang Hasilkan Oksigen dan Serap Racun di Malam Hari

Jika muncul reaksi berupa kulit memerah atau iritasi, hentikan penggunaan.

Perlu Anda ketahui, kulit memang selalu membutuhkan nutrisi, terutama pada kulit wajah yang setiap harinya terpapar polutan dan sinar matahari.

Tak hanya itu kerusakan kulit terkadang disebabkan oleh pola makan yang buruk, perubahan hormonal hingga masalah kesehatan, dan pemicu kulit stres lainnya.

Mengutip Brillo.net bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, jadi perawatannya pun harus disesuaikan dengan jenis kulit.

Biasanya beberapa orang rela mengeluarkan uang demi merawat kulit yang kusam. Oleh sebabnya, dari pada bingung memilih produk kecantikan perawatan wajah yang murah tapi tidak aman, mending memakai bahan-bahan alami yang dapat membantu mengatasi kulit kusam Anda.

Sebab hal ini tidak memberi efek samping berbahaya, sehingga bisa Anda coba sendiri di rumah. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga