4 Fakta Malapetaka Pesta Hallowen di Itaewon, Korea Selatan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 30 Oktober 2022
0 dilihat
4 Fakta Malapetaka Pesta Hallowen di Itaewon, Korea Selatan
Malapetaka yang terjadi di pesta hallowen di Itaewon, Korea Selatan, akibat pengunjung merayakan pesta berdesak-desakan di gang sempit. Foto: Repro Pikiranrakyat.com

" Tercatat pada laporan terakhir pukul 10.14 waktu Korea Selatan, korban tewas pesta Halloween Itaewon bertambah menjadi 151 orang "

SEOUL, TELISIK.ID - Korea Selatan kini sedang berduka. Pasalnya, pesta halloween di Itaewon, Korea Selatan, pada Sabtu (29/10/2022) malam, berujung bencana. Sebagian besar korban tewas merupakan remaja berusia 20-an.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini deretan fakta malapetaka yang terjadi di pesta tersebut antara lain:

1. Hallowen pertama setelah COVID-19

Dikutip dari Detik.com, acara halloween yang di gelar tersebut merupakan acara pertama di Seoul dalam tiga tahun setelah negara itu mencabut pembatasan COVID-19 dan jarak sosial. Banyak pengunjung pesta mengenakan topeng dan kostum halloween. Tercatat pada laporan terakhir pukul 10.14 waktu Korea Selatan, korban tewas bertambah menjadi 151 orang.

2. Penyebab malapetaka

Baca Juga: Deretan Fakta Benua Antartika yang Jarang Diketahui

Dilansir dari Cnnindonesia.com, malapetaka perayaan halloween yang menewaskan 149 orang pada Sabtu (29/10/2022) malam terjadi akibat pengunjung merayakan pesta berdesak-desakan di gang sempit. Hal itu bermula ketika warga mulai memadati kawasan Itaewon menggunakan berbagai kostum horor.

3. Tak ada WNI yang jadi korban

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, tak ada WNI yang menjadi korban dalam malapetaka itu. Menurut Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Silistiyanto dalam keterangannya mengatakan, ada dua Warga Negara Asing (WNA) yang menjadi korban tragedi pesta Halloween Itaewon.

"Ada informasi dua orang WNA yang menjadi korban meninggal. Namun telah dipastikan bahwa kedua orang tersebut bukan WNI," terangnya, Minggu (30/10/2022).

Baca Juga: NASA Temukan Asteroid Raksasa Mendekati Bumi, Manusia Diimbau Waspada

4. Pemerintah langsung turunkan bantuan

Yoon Suk Yeol, Presiden Korea Selatan, memimpin dua pertemuan darurat berturut-turut dan memerintahkan para pejabat untuk segera memberikan pertolongan pertama dan merawat korban yang terluka.

Ia juga memerintahkan petugas untuk mengerahkan tenaga medis darurat ke Itaewon dan mengamankan tempat tidur darurat. Dia menginstruksikan para pejabat untuk menyelidiki secara menyeluruh penyebab tragedi pesta Halloween Itaewon yang memilukan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga