4 Jenis Buah Ini Bisa Jaga Kesehatan Kulit Wajah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 05 Oktober 2022
0 dilihat
4 Jenis Buah Ini Bisa Jaga Kesehatan Kulit Wajah
Menjaga kesehatan kulit wajah, selain menggunakan skincare, dapat pula dilakukan dengan mengonsumsi buah. Foto: Repro shutterstock

" Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, di antaranya adalah dengan mengonsumsi jenis buah tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu bagian tubuh yang paling banyak diperhatikan kebersihan dan kesehatannya adalah kulit wajah.

Pada umumnya, dikutip alodokter.com, setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda dan bisa berubah seiring pertambahan usia.

Selain itu, jenis kulit wajah juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor genetik, penyakit tertentu, dan faktor lingkungan, misalnya paparan sinar matahari, debu, dan polusi berkepanjangan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, di antaranya adalah dengan mengonsumsi jenis buah tertentu.

Dilansir yoursay.id dari sehatq, berikut empat jenis buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit wajah.

1. Tomat

Tomat adalah buah yang bagus untuk kulit karena kaya akan vitamin dan juga pigmen alami karotenoid berupa likopen. 

Baca Juga: Begini Cara Memasak Ikan Agar Tidak Amis, Patut Dicoba

Kemudian dalam buah tomat juga terdapat vitamin C yang terbukti mengandung antioksidan dan baik untuk kesehatan kulit dengan membantu produksi kolagen. 

Selain itu, likopen juga disebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan juga bisa mencegah kerutan. 

Kamu juga bisa membantu tubuh dengan optimal dalam menyerap karotenoid, seperti likopen, dengan mengonsumsi sedikit sumber lemak sehat lain bersamaan dengan tomat seperti minyak zaitun. 

2. Pepaya

Buah pepaya ternyata adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan kulit karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. 

Kemudian manfaat buah pepaya bagi kulit adalah dapat mengurangi garis halus dan kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan dini.

Apalagi buah pepaya ini juga mengandung enzim papain yang mana enzim ini kerap ditambahkan dalam produk eksfoliasi kulit yang berfungsi sebagai antiradang dan antipenuaan. 

3. Jambu biji

Baca Juga: 6 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Asam Urat

Buah jambu biji ini apabila dikonsumsi bagus untuk kesehatan kulit wajah. Kemudian buah jambu biji ini apabila dikonsumsi bersama dengan buah tropis yang lainnya seperti mangga, kiwi, dan nanas yang mengandung vitamin C. 

Seperti yang kita ketahui, dengan mengonsumsi vitamin C ini dapat memproduksi kolagen dan juga terdapat kandungan zinc. 

4. Jeruk

Buah jeruk yang memang identik mempunyai kandungan vitamin C ini baik dalam memproduksi kolagen pada kulit sehat. Tidak hanya buah jeruk, buah sitrus lain pun penting untuk kesehatan kulit yang mudah dicari, seperti lemon dan jeruk bali. (C

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga