4 Perbandingan JIS vs GBK, Lokasi Kampanye Akbar Anies dan Prabowo

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 10 Februari 2024
0 dilihat
4 Perbandingan JIS vs GBK, Lokasi Kampanye Akbar Anies dan Prabowo
JIS stadion bertaraf internasional di Jakarta merupakan janji Anies sewaktu kampanye. Foto: Liputan6.com

" Masa kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 memasuki hari-hari terakhir. Dimulai pada 28 November 2023 lalu, masa kampanye akan berakhir pada Sabtu, 10 Februari 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Masa kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 memasuki hari-hari terakhir. Dimulai pada 28 November 2023 lalu, masa kampanye akan berakhir pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Menutup masa kampanye, tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pilpres 2024 akan menggelar kampanye akbar di wilayah yang berbeda-beda.

Anies-Cak Imin hari ini akan kampanye akbar di Jakarta International Stadion (JIS). Kemudian Prabowo-Gibran dihari yang sama besok digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, akan menutup kampanye di Solo dan Semarang, Jawa Tengah.

Melansir CNBCIndonesia.com, JIS stadion bertaraf internasional di Jakarta merupakan janji Anies sewaktu kampanye. Saat itu, ia ingin sekali Jakarta memiliki fasilitas olahraga yang bertaraf internasional. JIS menjadi salah satu stadion terbesar di Jakarta selain Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Baca Juga: Kampanye Akbar AMIN di JIS Dipadati Jutaan Orang, Massa Datang Sejak Jumat Malam

GBK sendiri dibangun pada 1960 dan menjadi salah satu peninggalan terbesar era Presiden Soekarno. Berikut perbandingan JIS dan GBK:

1. Tinggi Stadion

Stadion JIS lebih tinggi dari GBK. JIS setinggi 74 meter, sedangkan GBK memiliki ketinggian 30 meter. JIS lebih tinggi dari GBK karena JIS memiliki 3 tingkat tribun dan 9 lantai sehingga tingginya setara dengan apartemen 25 lantai.

2. Trek Lari

Jika melihat ke dalam Stadion Gelora Bung Karno, terdapat trek lari yang mengelilingi stadion. Berbeda dengan JIS, tidak ada trek lintasan atletik.

Hal ini dikarenakan JIS menerapkan standar desain stadion FIFA sehingga JIS tidak memiliki lintasan lari yang mengelilingi stadion utama. Maka itu, SUGBK disebut Olympic Stadium, sedangkan JIS disebut Football Stadium.

Baca Juga: Saat Ahok Disebut Mulut Sampah dengan Pendukungnya, Sibuk Kritik Jokowi, Prabowo hingga Anies

3. Teknologi

Perbedaan antara JIS dan GBK selanjutnya adalah teknologi. JIS merupakan stadion baru dengan desain lebih modern termasuk pada teknologi yang digunakan.

Ada satu teknologi yang digunakan JIS dan menjadikannya stadion pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi tersebut yaitu retractable roof. Sistem ini dapat mengatur atap stadion dibuka maupun ditutup. Penggunaan teknologi ini agar pengalaman menonton di JIS dapat maksimal tanpa terhalang cuaca. Sementara, GBK tidak memiliki sistem tersebut.

4. Kapasitas Stadion

Kapasitas Stadion Utama Gelora Bung Karno mencapai 77 ribu orang. Kapasitas tersebut sesuai standar yang direkomendasikan FIFA. Sementara, JIS memiliki kapasitas penonton hingga 82 ribu orang. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga