4 Tips Jitu Mengatasi Sulit Fokus pada Pekerjaan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 05 November 2022
0 dilihat
4 Tips Jitu Mengatasi Sulit Fokus pada Pekerjaan
Fokus pada pekerjaan merupakan konsentrasi yang tinggi terhadap apa yang sedang kita kerjakan. Hal ini penting dilakukan agar kita bisa produktif dalam bekerja. Foto: Repro shutterstock

" Fokus menjadi faktor yang membuat produktivitas menyelesaikan pekerjaan bisa meningkat. Maka penting untuk mengetahui cara menjaga fokus pada pekerjaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Fokus menjadi faktor yang membuat produktivitas menyelesaikan pekerjaan bisa meningkat. Maka penting untuk mengetahui cara menjaga fokus pada pekerjaan.

Dikutip dari studilmu.com, fokus pada pekerjaan merupakan konsentrasi yang tinggi terhadap apa yang sedang kita kerjakan.

Ketika konsentrasi kita tidak teralihkan dengan hal-hal lain (yang tidak bersangkutan dengan pekerjaan), ini mengindikasikan bahwa kita telah memiliki fokus kerja yang baik.

Karena fokus bisa meningkatkan produktifitas bekerja, maka penting untuk mengetahui tips bisa fokus pada pekerjaan.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Cara Mudah Menghindari Sariawan

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips supaya bisa lebih fokus pada pekerjaan:

1. Menjauhkan gadget

Coba, deh, pikir-pikir kembali berapa lama yang kamu habiskan selama ini untuk mengakses gadget. Ikut nimbrung dengan berbagai topik yang sedang hangat di platform berita, bercengkerama di media sosial, dan aktivitas lainnya yang berkaitan dengan gadget.

Sering kali yang bikin seseorang gak bisa menyelesaikan tugas sesuai deadline atau merasa waktunya kurang untuk menyelesaikan tugas bukan pada jumlah waktu yang tidak memadai. Melainkan banyak waktu terbuang untuk melakukan hal di luar kerja, salah satunya senantiasa mengakses gadget.

Jika ingin produktif dan fokus, cobalah mulai sekarang jauhkan gadget dari tempat kerja. Bisa letakkan di loker, laci, atau matikan terlebih dahulu.

2. Jangan malu bertanya pada senior

Tips selanjutnya agar bisa lebih fokus pada pekerjaan, yaitu tidak ragu untuk bertanya pada senior ketika kamu belum memahami tugas tertentu atau saat mengalami kendala yang sebenarnya akan jauh lebih mudah bertanya daripada mencari tahu sendiri.

Bukan bermaksud untuk merepotkan orang lain, tapi kamu mesti jeli mana hal-hal teknis yang bisa ditanyakan ke senior, dan mana yang mampu kamu handle sendiri. Dengan demikian, kamu jadi bisa lebih fokus pada tugas, bukan pada hal-hal remeh yang mestinya bisa segera teratasi andai mau bertanya.

3. Istirahat memadai

Saat sedang semangat biasanya kamu merasa mampu untuk bekerja melewati batas. Tapi, ada baiknya ini dihindari. Akan lebih baik kalau kamu punya ritme kerja.

Baca Juga: 3 Cara Alami Ini Bisa Obati Sakit Mata Tanpa Harus ke Dokter

Misalnya, setiap 90 menit beristirahat sebentar. Baru setelah itu mulai lagi. Memberi jeda seperti ini mencegahmu terlalu lelah yang berakibat kehilangan konsentrasi.

4. Ingat tujuan kerja

Cara lain agar kamu bisa selalu memberikan performa kerja maksimal, yaitu selalu ingat tujuan bekerja. Misalnya, kamu perlu pekerjaan ini karena penghasilannya bisa untuk membiayai kebutuhan keluarga. Dengan begitu, kamu jadi dapat lebih mengapresiasi pekerjaan yang sedang dijalani.

Nah, itulah beberapa tips untuk membantu kamu agar bisa lebih fokus pada pekerjaan dan pastinya meningkatkan produktivitas. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga