48 Petugas Disiapkan Awasi Penyembelihan Hewan Kurban di Kendari

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 15 Juli 2021
0 dilihat
48 Petugas Disiapkan Awasi Penyembelihan Hewan Kurban di Kendari
Dinas Pertanian bersama sejumlah pihak terkait pastikan hewan kurban layak dan aman untuk dikonsumsi. Foto: Sumarlin/Telisik

" Selain kondisi fisik, petugas juga akan memeriksa hewan kurban pasca disembelih agar daging hewan yang telah disembelih aman untuk dikonsumsi "

KENDARI, TELISIK.ID - Memastikan hewan kurban yang akan disembelih pada perayaan hari raya Idul Adha sehat dan aman dari penyakit, sebanyak 48 personil gabungan akan melakukan pengawasan di Kota Kendari.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Siti Ganef mengatakan, seminggu sebelum lebaran Idul Adha pihaknya bersama para petugas dari Dinas Peternakan Sultra dan Karantina Hewan akan mulai memeriksa hewan kurban yang akan disembelih.

"Saya meminta teman-teman yang mendampingi tetap menjaga protokol kesehatan. Termasuk memastikan hewan yang disembelih layak dikonsumsi, tidak lagi memotong di atas terpal yang kotor," ungkapnya.

Dia menambahkan, tim gabungan ini nantinya akan bertugas memeriksa hewan yang berada di titik-titik penjualan hewan kurban atau di rumah warga dengan memastikan kelayakan kondisi fisik dan kesehatan hewan yang akan disembelih tanpa cacat.

Baca Juga: Akibat Pandemi, Penjualan Hewan Kurban Menurun

Baca Juga: Dinas Pertanian Siapkan Fasilitas Penyembelihan Hewan Kurban di RPH

Selain kondisi fisik, petugas juga akan memeriksa hewan kurban pasca disembelih agar daging hewan yang telah disembelih aman untuk dikonsumsi.

"Mereka mobile turun ke lapangan sesuai jadwal dan lokasi yang telah ditetapkan, pemeriksaan anti mortem dulu, setelah itu post mortem. Ini yang menjadi perhatian mereka, karena jangan sampai kita sudah lihat secara fisik oke tapi pada saat pemotongan ada cacing pita dan lain sebagainya, ini yang jadi perhatian karena sudah pernah kita temukan," jelasnya.

Dia juga meminta warga untuk menghubungi petugas sebelum atau sesudah melakukan penyembelihan untuk memastikan hewan kurban aman untuk disembelih dan dikonsumsi. (C)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga