5 Buah untuk Penderita Asam Lambung yang Baik Dikonsumsi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 20 September 2023
0 dilihat
5 Buah untuk Penderita Asam Lambung yang Baik Dikonsumsi
Buah persik mengandung vitamin esensial dan sifat antioksidan. Foto: Klikdokter.com

" Bagi pengidap penyakit asam lambung, pemilihan makanan perlu diperhatikan. Pasalnya, sebagian besar penyebab asam lambung kambuh adalah karena salah memilih makan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi pengidap penyakit asam lambung, pemilihan makanan perlu diperhatikan. Pasalnya, sebagian besar penyebab asam lambung kambuh adalah karena salah memilih makan.

Buah-buahan pada dasarnya menyehatkan, namun tak sembarang buah boleh di konsumsi oleh penderita asam lambung seperti menghindari buah yang terlalu asam seperti semangka, alpukat, dan melon.

berikut buah apa saja yang boleh dikonsumsi penderita asam lambung dikutip dari Siloamhospital.com dan kompas.com:

1. Kelapa

Air pada buah kelapa dikenal memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya mengandung mineral kalium dan berbagai senyawa yang membantu kelancaran sistem pencernaan. Sehingga, buah ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering mengalami gejala GERD.

Baca Juga: 5 Penyebab Gairah Seks Tiba-Tiba Memuncak

Selain itu, air kelapa juga dapat menjaga suhu tubuh tetap normal serta menghambat peradangan pada lambung. Anda dapat mengonsumsi kelapa secara rutin untuk merasakan manfaatnya secara maksimal.

2. Melon dan semangka

Semangka dan melon kaya akan vitamin dan sangat rendah kalori. Skala pH-nya juga tinggi, artinya asamnya relatif rendah. Pepaya Pepaya rendah asam serta mengandung karoten dan vitamin C. Selain aman untuk penderita asam lambung, buah ini juga membantu melancarkan pencernaan.

3. Buah beri

Selain kaya nutrisi, buah beri tingkat antioksidan. Buah ini juga memiliki Ph yang tinggi, dan berpotensi ditoleransi jika Anda menderita refluks asam, terutama blackberry, raspberry, dan stroberi.

Baca Juga: Tulang Sering Sakit? Kenali 5 Tanda Kanker Tulang

4. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang dapat diolah menjadi berbagai varian makanan atau minuman seperti jus, campuran es buah, atau sebagai isian roti lapis. Beruntungnya, alpukat tergolong dalam buah rendah asam sehingga aman dikonsumsi oleh penderita GERD dan maag. Bagi yang masih bingung, Anda bisa memahami perbedaan maag dan GERD di sini.

5. Buah persik

Buah persik mengandung vitamin esensial dan sifat antioksidan. Buah ini juga mengandung Ph tinggi, sehingga berpotensi dapat ditoleransi jika Anda menderita refluks asam. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga