adplus-dvertising

5 Calon Pelatih Barcelona Pengganti Ronald Koeman, Nomor 1 Jadi Terkuat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 28 Oktober 2021
739 dilihat
5 Calon Pelatih Barcelona Pengganti Ronald Koeman, Nomor 1 Jadi Terkuat
Pendukung kibarkan bendera Barcelona. Foto: Repro @FCB

" Sejumlah nama pun masuk kandidat pelatih pengganti Ronald Koeman di klub papan atas Liga Spanyol itu. "

MADRID, TELISIK.ID - Barcelona memutuskan memecat pelatih Ronald Koeman dari jabatan sebagai pelatih utama. 

Hal tersebut disampaikan Presiden Barcelona, Joan Laporta, seusai Barca menelan kekalahan dari Vallecano dengan skor 0-1 pada ajang La Liga, Rabu (27/10/2021). 

"FC Barcelona ingin mengucapkan terima kasih atas dedikasinya kepada klub dan mendoakan yang terbaik untuk karier profesionalnya," kata Laporta di situs resmi Barcelona, dikutip dari Kompas.com, Kamis (28/10/2021).


Sejumlah nama pun masuk kandidat pelatih pengganti Ronald Koeman di klub papan atas Liga Spanyol itu.

Saat ini manajemen Barcelona langsung bergerak mendekati sejumlah pelatih untuk menggantikan posisi Ronald Koeman.

Mengutip okezone.com, berikut 5 calon pelatih pengganti Ronald Koeman di Barcelona:

1. Xavi Hernandez

Xavi Hernandez kandidat terkuat sebagai pengganti Ronald Koeman. Jurnalis Italia, Fabrizio Romano, yang menyampaikan hal tersebut.

“Belum ada pengumuman untuk pengganti Koeman di Barcelona. Ini akan memakan waktu beberapa jam. Sementara itu, negosiasi sedang berlangsung untuk Xavi meninggalkan Al Sadd dan menjadi pelatih Barcelona,” kata Fabrizio Romano di akun Twitter-nya, @FabrizioRomano.

Xavi Hernandez sempat 17 tahun (1998-2015) membela tim senior Barcelona. Sejak 2019, Xavi Hernandez pensiun sebagai pemain dan menjadi pelatih klub asal Qatar, Al Sadd.

Hanya dalam dua tahun, Xavi Hernandez telah memberikan empat gelar bagi Al Sadd.

2. Erik Ten Hag

Media asal Spanyol, El Nacional, mengatakan Barcelona sudah mencapai kesepakatan dengan pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag. Hanya saja, pelatih asal Belanda itu baru akan menjabat per musim depan.

Bahkan menurut El Nacional, Erik Ten Hag sudah meminta dua pemain untuk dibawa ke Barcelona. Mereka ialah Matthijs de Ligt (Juventus) dan Ryan Gravenberch (Ajax Amsterdam).

Baca juga: 3 Kali Kalah, Barcelona Resmi Pecat Pelatih Ronald Koeman

Baca juga: Zinedine Zidane Enggan Jadi Pelatih MU

3. Ralf Rangnick

Sempat ada kabar, Barcelona tertarik menjadikan Jurgen Klopp (Liverpool) atau Thomas Tuchel (Chelsea) sebagai pelatih mereka per musim depan. Sembari menunggu musim baru, Barcelona akan menunjuk Ralf Rangnick sebagai caretaker.

Pelatih asal Jerman ini bukanlah sosok kacangan. Ralf Rangnick dikenal jago mengorbitkan klub standar menjadi luar biasa. Sebut TSG 1899 Hoffenheim, Schalke 04 hingga RB Leipzig.

4. Ernesto Valverde

Ernesto Valverde merupakan korban kezaliman rezim kepemimpinan Josep Maria Bartomeu. Gara-gara Barcelona tersingkir di semifinal Piala Super Spanyol 2019, Ernesto Valverde dipecat. Padahal, saat itu Barcelona masih memuncaki klasemen Liga Spanyol dan lolos ke 16 besar Liga Champions 2019-2020.

Seperti yang sudah diutarakan di atas, Ernesto Valverde bukanlah orang baru di tubuh Barcelona. Ia sempat menjadi pelatih Barcelona (2017-2020) dan memberikan dua trofi Liga Spanyol. Karena itu, Ernesto Valverde tak perlu banyak beradaptasi jika kembali ditunjuk.

5. Roberto Martinez

Kontrak Roberto Martinez bersama Timnas Belgia berakhir pada 30 Juni 2022. Namun, Barcelona bisa mendapatkan juru taktik asal Spanyol itu lebih cepat. Caranya dengan menebus klausul lepas Roberto Martinez yang berada di angka 1,8 juta euro atau setara Rp 29,6 miliar.

Roberto Martinez dikenal sebagai pelatih yang gemar membangun serangan dari kaki ke kaki. Karena itu, gaya permainan Roberto Martinez cocok dengan filosofi permainan Blaugrana. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga