5 Cara Ampuh Atasi Lidah Pahit Saat Sakit

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 19 Oktober 2022
0 dilihat
5 Cara Ampuh Atasi Lidah Pahit Saat Sakit
Saat seseorang sakit kondisi yang sering kali dialami adalah lidah terasa pahit. Foto: Repro klikdokter.com

" Lidah terasa pahit menjadi hal yang normal dialami seseorang saat sakit. Kondisi ini wajar namun cukup membuat nafsuh makan menurun "

KENDARI, TELISIK.ID - Lidah terasa pahit menjadi hal yang normal dialami seseorang saat sakit. Kondisi ini wajar namun cukup membuat nafsuh makan menurun.

Melansir halodoc.com dari salah satu media daring internasional, mulut yang terasa pahit merupakan hal yang lumrah dan berkaitan dengan sistem daya tahan tubuh. Sebab, ketika tubuh mengalami peradangan atau terinfeksi kuman, tubuh akan mengeluarkan sitokin dari sistem imun yang disebut Tumour Necrosis Factor (TNF). 

Perlu diketahui bahwa TNF adalah sitokin atau protein yang membantu sel daya tahan tubuh membantu melawan penyakit. Pelepasan protein tersebut dapat meningkatkan kepekaan rasa, sehingga membuat mulut terasa lebih pahit, ketika seseorang sedang sakit. 

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Ketombe

Di sisi lain, mulut yang pahit tak hanya disebabkan oleh penyakit, tetapi juga beberapa kondisi kesehatan lainnya. Contohnya seperti masalah kebersihan pada mulut dan gigi, perubahan hormon selama kehamilan, sariawan, stres, mulut kering, gangguan saraf, hingga efek samping obat tertentu. 

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi lidah pahit saat sakit:

1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet bisa membantu produksi air liur tetap terjaga dan bergerak di dalam mulut.

Namun, untuk menghindari bahaya makanan manis, pilih permen karet bebas gula.

2. Penuhi asupan cairan

Asupan cairan yang cukup membantu tubuh memproduksi air liur yang cukup. Kondisi akan membantu mengatasi rasa pahit di mulut.

3. Hindari faktor risiko refluks asam

Bagi orang dengan GERD, menghindari beberapa faktor risiko yang memicu refluks asam lambung jadi salah satu cara yang bisa dilakukan.

Misalnya saja, menghindari makanan berminyak atau pedas serta mengurangi penggunaan produk tembakau dan alkohol.

4. Tingkat asupan protein dan zinc

Mengutip Pulse, mengonsumsi makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, ayam, ikan, telur, dan lainnya dapat meningkatkan selera makan.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Membangun Karier Agar Sukses

Selain itu, makanan kaya zinc seperti cokelat, brokoli, bayam, kerang, hingga oatmeal juga bisa Anda jadikan pilihan. Makanan ini mengandung neuropeptida yang dapat membantu merangsang asupan makanan dan membuat selera makan jadi lebih baik.

5. Perbanyak buah

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, makan buah secara teratur membantu meningkatkan selera makan setelah sakit.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi lidah pahit saat sakit. Semoga membantu. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga