5 Cara Atasi Konflik Agar Terhindar dari Perselisihan dan Kekerasan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 03 Mei 2021
0 dilihat
5 Cara Atasi Konflik Agar Terhindar dari Perselisihan dan Kekerasan
Ilustrasi konflik dan bentrok. Foto: Repro Okezone.com

" Jika dibiarkan berlarut-larut, konflik dapat meluas dan menyebabkan berbagai masalah yang membahayakan, seperti kekerasan hingga pelaporan pada pihak berwajib. Lantas, bagaimana cara mengatasi konflik dengan baik?. "

KENDARI, TELISIK.ID - Masyarakat Kota Kendari kembali dihebohkan dengan konflik yang terjadi antar dua kelompok pemuda, Senin (3/5/2021).

Adu argumen, bertengkar atau saling menjatuhkan dengan rekan sejawat merupakan contoh konflik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Konflik dapat terjadi dalam hubungan pertemanan, keluarga, pekerjaan, ataupun lingkungan. 

Jika dibiarkan berlarut-larut, konflik dapat meluas dan menyebabkan berbagai masalah yang membahayakan, seperti kekerasan hingga pelaporan pada pihak berwajib. Lantas, bagaimana cara mengatasi konflik dengan baik?

Cara Mengatasi Konflik

Setiap orang tentu pernah mengalami konflik, entah itu bersifat sementara ataupun berlangsung lama. Mengatasi konflik pun bukanlah perkara yang mudah karena keegoisan masing-masing pihak dan saling menganggap dirinya benar satu sama lain seringkali membuat konflik sulit dihentikan.

Apalagi jika konflik terus berlanjut melalui adu mulut bahkan kekerasan. 

Manusia juga terkadang mengatasi konflik dengan mengutamakan kehendak orang lain di atas kehendak dirinya sendiri atau memprioritaskan kehendaknya sendiri daripada kehendak orang lain.

Baca juga: 5 Tips Atasi Pelecehan Seksual di Ruang Publik

Hal ini berpotensi menimbulkan ketidakseimbangan dalam sebuah hubungan. Dilansir dari sehatq.com, berikut cara mengatasi konflik:

1. Fokuskan untuk menyelesaikan masalah 

Fokuskan diri Anda untuk menyelesaikan konflik. Jangan terpaku pada kemenangan dalam beradu argumen atau siapa yang paling benar karena akan sulit diselesaikan. Fokuskan tujuan Anda dalam mengatasi konflik agar bisa diselesaikan secara damai.

2. Gunakan kepala dingin

Menggunakan kepala dingin ketika mengatasi konflik merupakan hal utama yang harus Anda lakukan. Hal ini dapat membantu Anda mengendalikan emosi sehingga memperburuk konflik yang tengah berlangsung.

Hal ini memang cukup sulit dilakukan, namun bersikap tetap tenang sangat penting untuk menemukan solusi dari persoalan yang tengah dialami. Mengambil napas dalam-dalam, berjalan-jalan sejenak, dan meregangkan otot dapat membantu Anda merasa tenang sehingga mampu berpikir jernih.

Baca juga: 5 Tips Agar Terhindar dari Masalah Pencernaan Selama Puasa

3. Melakukan diskusi

Dengan kepala dingin, Anda dapat mulai berdiskusi bersama orang yang terlibat langsung dalam konflik. Pilihlah tempat yang netral dan lokasi yang nyaman, agar Anda bisa merundingkan persoalan yang terjadi dengan baik. 

Dilansir dayaid. Dalam diskusi tersebut, Anda bersama orang yang berkonflik dapat memaparkan sudut pandang dan keinginan masing-masing.

Namun, pastikan menggunakan kata-kata yang baik dalam bertutur kata. Jangan sampai ucapan Anda malah membuat konflik semakin meruncing. 

4. Perjelas masalah yang ada

Ketika mengalami konflik, Anda mungkin membawa masalah lain yang tak terkait dengan persoalan yang ada pada diskusi. Hal ini bisa membuat pihak yang berkonflik dengan Anda merasa diserang, dan tak akan menciptakan solusi untuk konflik ini.

Oleh sebab itu, penting untuk memperjelas masalah yang perlu dibahas dan hanya boleh membahas masalah itu saja. Jika masalah lain juga perlu diatasi, maka Anda harus meluangkan waktu lain untuk membahasnya.

5. Saling memaafkan

Menyelesaikan konflik tak mungkin terjadi jika Anda dan pihak yang berkonflik tidak mau saling memaafkan. Lepaskanlah rasa kesal, dendam, dan amarah yang ada dalam diri Anda. Minta atau berilah maaf pada “lawan” Anda tersebut sehingga konflik bisa benar-benar tuntas. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga