5 Cara Mudah Atasi Rasa Kantuk Saat Bekerja

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 19 Januari 2023
0 dilihat
5 Cara Mudah Atasi Rasa Kantuk Saat Bekerja
Rasa mengantuk biasa terjadi pada malam hari atau kadang di siang hari. Foto: google.com

" Salah satu kebutuhan jasmani yang harus dipenuhi oleh setiap manusia adalah istirahat atau tidur. Namun jadi masalah jika kantor menyerang saat di waktu kerja "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebutuhan jasmani yang harus dipenuhi oleh setiap manusia adalah istirahat atau tidur. Namun jadi masalah jika kantor menyerang saat di waktu kerja.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, kantuk atau ngantuk merupakan kondisi ketika seseorang merasa ingin tidur. Kondisi ini biasa terjadi pada malam hari atau kadang di siang hari.

Meski hal yang wajar, tapi ketika kantuk saat sedang bekerja akan menimbulkan masalah. Umumnya, kita akan bekerja tidak produktif.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kantuk saat bekerja.

Baca Juga: Catat, Ini 3 Tips Belajar Ala BJ Habibie yang Bisa Kamu Tiru

Melansir yoursay.id, berikut beberapa cara untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja:

1. Olahraga kecil di pagi hari

Olahraga kecil di sini maksudnya adalah olahraga yang tidak terlalu berat, setidaknya yang dapat memudahkan kamu berolahraga di sela-sela kegiatan kerjamu, seperti berjalan kaki sebentar mengitari tempat kerjamu.

2. Tidur tepat waktu

Kamu harus bisa mengatur jadwal tidurmu. Saat kamu pulang bekerja usahakan untuk mulai mengistirahatkan tubuhmu.

Jangan buat rencana untuk begadang hingga tengah malam seperti kamu merencanakan untuk menghabiskan menonton serial drama, lantaran drama yang kamu tonton terlihat seru ditambah kamu harus berangkat kerja di pagi hari.

Kalau kamu paham rasa kantuk itu merepotkan, kamu harus sebisa mungkin mengistirahatkan matamu, jangan memaksa matamu untuk terus terbuka.

3. Minum air putih

Bagimu cara mengatasi rasa kantuk dengan meminum kopi. Iya memang benar, lantaran kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dapat membantu meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf.

Namun, biasanya orang yang sudah terbiasa atau kecanduan minum kopi efek melek mata tidak terasa lagi, jadi untuk menyeimbangkannya dengan mengonsumsi air putih yang banyak selain tubuhmu lebih sehat.

Minum air putih juga memberikan bantuan untuk tetap segar sepanjang hari. Menurut Kementerian Kesehatan kamu bisa mengonsumsi air putih sekitar 8 gelas per hari.

4. Sarapan dengan makanan ringan

Tidur tepat waktu tidak mempan juga? Coba kamu atur pola sarapanmu. Kalau kamu terbiasa sarapan dengan makanan yang mengandung terlalu banyak gula atau makanan cepat saji, ini bisa jadi pemicu timbulnya rasa kantuk. 

Baca Juga: 4 Cara Atasi Panas Dalam dengan Mudah

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti dengan makanan yang berbahan sayuran dan juga buah-buahan atau makanan berprotein, karbohidrat serta lemak seperti yogurt, salad buah atau sayur, smoothie, roti panggang yang dipadukan dengan beberapa potongan buat atau sayur.

5. Tidur siang sejenak di jam istirahat

Jangan jadikan jam istirahat untuk menyelesaikan semua kerjaanmu, manfaatkan waktu istirahat dengan sebaik mungkin seperti makan siang, berolahraga kecil dengan meregangkan otot-ototmu, kalau dirasa masih ada cukup waktu bisa kamu gunakan untuk tidur sejenak agar tubuhmu bisa kembali segar saat bekerja.

Nah, itulah beberapa tips yang muda dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga