5 Cara Tetap Sehat Berpuasa Saat Mudik Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 05 April 2023
0 dilihat
5 Cara Tetap Sehat Berpuasa Saat Mudik Lebaran
Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar puasa tetap sehat meskipun dalam keadaan mudik. Foto: Repro kemkeu.go.id

" Saat melakukan perjalanan mudik, perlu mencukupi kebutuhan istirahat agar terhindar dari kelelahan dan ngantuk selama perjalanan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mudik menjadi tradisi masyarakat saat Lebaran. Namun jangan sampai puasa terganggu karena melakukan perjalanan panjang menuju kampung halaman. Selain orang sakit, ibu hamil dan menyusui, kewajiban puasa juga diringankan bagi orang yang sedang melakukan perjalanan jauh saat puasa.

Dikutip dari hellosehat.com, kalaupun memang berniat untuk tetap menjalankan ibadah puasa selama mudik atau melakukan perjalanan jauh, ada baiknya membuat beberapa persiapan terlebih dahulu. Pasalnya, berpuasa sambil bepergian jauh itu cukup menghabiskan energi.

Melansir yoursay.id dari laman halodoc.com, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar puasa tetap sehat meskipun dalam keadaan mudik:

1. Cukupi kebutuhan istirahat

Saat melakukan perjalanan mudik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan istirahat agar terhindar dari kelelahan dan ngantuk selama perjalanan.

Oleh sebab itu, kamu bisa beristirahat di rest area atau posko mudik walau hanya sebentar. Gunakan kesempatan tersebut untuk memulihkan energi sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

2. Bawa bekal makanan

Saat hendak melakukan perjalanan, usahakan kamu membawa bekal makanan. Terlebih lagi adalah membawa bekal makanan karbohidrat kompleks yang dikonsumsi saat sahur.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh agar Berat Badan Tetap Stabil Saat Puasa

Karbohidrat kompleks lebih lama dicerna tubuh dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Oleh sebab itu, mengonsumsi karbohidrat kompleks membantumu untuk kenyang lebih lama.

Makanan yang bisa kamu konsumsi saat sahur dengan menyediakan sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti, kentang, oatmeal dan gandum.

Kamu juga bisa mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti kue, cokelat, jus buah untuk berbuka. Tapi pastikan kamu juga mengonsumsi makanan lain yang mengandung protein, serat, lemak dan lain sebagainya.

3. Hindari menahan pipis

Menahan pipis bisa menyebabkan gangguan penyakit seperti infeksi saluran kencing, batu ginjal, pembengkakan kandung kemih hingga gagal ginjal.

Oleh sebab itu, menahan pipis tidak dianjurkan meski dalam keadaan perjalanan sekalipun.

4. Bawa air yang cukup

Untuk menghindari terjadinya risiko dehidrasi selama perjalanan, kamu perlu membawa air yang cukup untuk sahur dan berbuka.

Baca Juga: 3 Tips Aman Bepergian saat Puasa

Kekurangan cairan tidak hanya bisa membuat dehidrasi, tetapi juga bisa membuat kehilangan fokus. Maka dari itu, kamu perlu memperhitungkan berapa lama perjalanan untuk menyediakan air yang cukup.

5. Olahraga

Selain beristirahat, kamu juga perlu untuk melakukan olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga sederhana di rest area seperti peregangan leher, tangan serta kaki agar otot tubuh tidak pegal.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan agar tetap sehat berpuasa selama mudik. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga