5 Cawapres Ganjar Pranowo yang Diusung Megawati, Ada Mahfud MD dan Sandiaga Uno

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 02 Mei 2023
0 dilihat
5 Cawapres Ganjar Pranowo yang Diusung Megawati, Ada Mahfud MD dan Sandiaga Uno
Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres untuk bertarung pada Pilpres 2024. Foto: Beritasatu.com

" Setelah Ketua Umum PDIP, Megawati Sukarnoputri mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres untuk bertarung pada Pilpres 2024, perhatian publik kini mengarah pada siapa pasangan atau calon wakil presiden (cawapres) Ganjar "

JAKARTA, TELISIK.ID - Setelah Ketua Umum PDIP, Megawati Sukarnoputri mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres untuk bertarung pada Pilpres 2024, perhatian publik kini mengarah pada siapa pasangan atau calon wakil presiden (cawapres) Ganjar.

Melansir BBC.com, Presiden Joko Widodo menyebut sejumlah nama, antara lain Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menkopolhukam Mahfud MD, dan Menkoperekonomian Airlangga Hartarto.

Selain itu beberapa nama pun mencuat untuk digandengkan dengan Gubernur Jawa Tengah itu di Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: PDIP Sebut Prabowo Bukan Lawan dan Tandingan karena Kalah Terus, Ganjar Justru Membela

Berikut Telisik.id merangkumnya dilansir dari berbagai sumber:

1. Menko Polhukam, Mahfud MD

Mahfud MD menanggapi santai soal namanya yang dinilai sebagai Cawapres potensial.

"Ya kita lihat saja," ujar Mahfud MD dilansir dari Okezonenews.com.

Mahfud MD enggan mengungkap bagaimana peluang maupun kesiapan seandainya dipinang untuk maju di Pilpres 2024.

Menurutnya, dorongan maupun dukungan kepada seseorang untuk Pilpres sebagai bukti iklim demokrasi yang baik bahkan maju di negeri ini. Dalam iklim demokrasi yang maju, kata dia, semua berhak mendorong atau mendukung siapapun.

2. Menparekraf, Sandiaga Uno

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan sejumlah nama yang dianggap cocok menjadi pasangan bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP, Ganjar Pranowo. Salah satunya Sandiaga Uno.

Mendengar namanya dianggap cocok menjadi bakal cawapres Ganjar, Sandiaga pun enggan memberi komentar atas pernyataan Presiden Jokowi tersebut. Sebab menurutnya, pencalonan merupakan wewenang ketua umum partai.

"Sekali lagi itu ranah para pimpinan partai politik dan saya tentunya menyadari batas wewenang saya," kata Sandi.

3. Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Thohir menilai wacana dirinya menjadi sosok calon wakil presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo sangat terlalu dini. Pernyataan itu merespon dirinya menjadi Cawapres Ganjar.

Erick menyatakan, dirinya hanya fokus untuk membenahi BUMN dan sepak bola tanah air. Ia pun mengaku tak terbesit untuk memikirkan Pilpres 2024.

"Saya hanya fokus BUMN sama hari ini yang berat saya fokus ke sepak bola. Saya tidak berpikir ke sana karena semuanya masih terlalu dini," kata Erick.

4. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Nama Ridwan Kamil disebut-sebut menjadi bakal Cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. Ridwan Kamil diketahui tidak mempermasalahkan namanya dikaitkan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024.

Baca Juga: Segini Gaji dan Tunjangan Prabowo, Ganjar dan Anies Bila Jadi Presiden, Bikin Melongo

5. Kader PPP

PPP memutuskan menetapkan kader PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. Selain itu, PPP mengusulkan agar kadernya dapat menjadikan calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengatakan, hal ini diputuskan berdasarkan beberapa nama yang berkembang, sehingga akhirnya diputuskan nama Ganjar. Antara lain, PPP ingin melanjutkan dukungan politik pada Ganjar untuk melanjutkan estafet kepemimpinan pada 2024-2029. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga