5 Jenis Buah Ini Bantu Turunkan Kolesterol Pasca Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 13 April 2024
0 dilihat
5 Jenis Buah Ini Bantu Turunkan Kolesterol Pasca Lebaran
Mengonsumsi jenis buah-buahan tertentu dapat membantu menurunkan kolesterol pasca Lebaran. Foto: Repro Shutterstock

" Selain mengatur pola makan, cara menurunkan kadar kolesterol dapat juga dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang pasca menikmati berbagai jenis makanan saat Lebaran adalah kolesterol. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi jenis buah-buahan tertentu.

Menurut penelitian terbitan Annals of Nutrition and Metabolism, dikutip dari hellosehat.com, puasa di bulan Ramadan berpotensi meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Namun, saat merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, sangat mungkin kadar kolesterol meningkat karena berbagai asupan dan pola hidup yang tidak tepat, salah satunya karena pola makan jadi kurang teratur.

Pasalnya yang paling lumrah dilakukan saat merayakan Idul Fitri adalah mengunjungi sanak saudara kerabat yang dibarengi dengan makan-makan. Hal ini sangat memungkinkan potensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain cara untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mengatur pola makan, salah satunya juga adalah rutin mengonsumsi buah-buahan.

Baca Juga: 9 Jenis Makanan Ini Dapat Kurangi Risiko Kanker

Melansir cnbcindonesia.com dari berbagai sumber, berikut buah-buahan yang ampuh menurunkan kolesterol.

1. Beri

Buah beri, seperti blackberry, blueberry, raspberry, delima, dan stroberi juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh. Pasalnya, buah-buahan ini mengandung kaya akan serat larut dan rendah gula yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Apel

Buah penurun kolesterol paling ampuh lainnya adalah apel. Buah ini memiliki kandungan serat larut yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, peserta penelitian yang makan 550 gram apel sehari memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

Meskipun demikian, efek ini tidak terlihat pada peserta penelitian yang mengonsumsi jus apel bening karena seratnya dihilangkan.

3. Jambu Biji

Kandungan dalam buah jambu biji juga bisa membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium dan serta yang ada dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Alpukat

Selain untuk diet, alpukat juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh loh. Pasalnya, buah ini memiliki lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

"Apa pun dengan alpukat akan memiliki rasio lemak tak jenuh tunggal versus tak jenuh ganda yang sangat baik," kata Emily Schmidt, RDN, ahli diet dari Mayo Clinic, dikutip Jumat (12/4/2024).

"Terlalu banyak hanya lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kolesterol baik [HDL] Anda juga," lanjutnya.

Baca Juga: 6 Bahaya Makan Kue Kering Berlebihan saat Lebaran

Meski bisa dimakan langsung, alpukat juga bisa dikonsumsi dengan campuran bahan lainnya, seperti menggunakan minyak alpukat dalam masakan, menjadikannya salad, hingga sandwich.

5. Buah Tinggi Serat Larut

Adapun buah lainnya yang juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, seperti pisang, jeruk, pir, dan plum, lantaran memiliki kandungan tinggi serat larut yang membantu mencegah saluran pencernaan menyerap kolesterol.

Nah, itulah beberapa jenis buah yang dapat membantu untuk mengatasi kolesterol pasca menikmati berbagai macam menu makanan Lebaran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga