5 Jenis Makanan Ini Bisa Bantu Naikan Berat Badan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 27 Januari 2023
0 dilihat
5 Jenis Makanan Ini Bisa Bantu Naikan Berat Badan
Cara menaikan berat badan perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing orang. Foto: freepik.com

" Salah satu keinginan sebagian orang adalah ingin memiliki badan ideal. Jika kurus, maka mereka akan mencari berbagai cara untuk menaikkan berat badan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu keinginan sebagian orang adalah ingin memiliki badan ideal. Jika kurus, maka mereka akan mencari berbagai cara untuk menaikkan berat badan.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, ada banyak alasan orang ingin menambah berat badan, mulai dari tubuh yang terlalu kurus hingga ingin memperbaiki penampilan.

Namun, apa pun alasannya, meningkatkan berat badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai cara untuk menambah berat badan. Namun, cara menaikkan berat badan perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing orang dan penyebab mengapa berat badannya bisa rendah.

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Tidur Tengkurap yang Perlu Diwaspadai

Melansir yoursay.id dari lamanĀ Hello Sehat, berikut beberapa makanan yang bisa dicoba untuk membantuĀ meningkatkan berat badan:

1. Daging

Mengonsumsi daging merah yang tinggi protein serta diimbangi dengan olahraga teratur bisa meningkatkan massa otot yang secara tidak langsung juga menaikkan berat badan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa daging ini mengandung lemak yang bisa memicu penyakit, sehingga perlu konsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daging untuk jumlah yang banyak.

2. Nasi

Nasi adalah sumber karbohidrat yang tepat yang bisa digunakan untuk menambah berat badan. Caranya dengan mengonsumsi nasi tiga kali sehari ditambah dengan sayur dan lauk berprotein tinggi.

Kalau bosan makan nasi putih, kamu bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat lain seperti roti gandum atau kentang.

3. Telur

Selain cocok untuk program menurunkan berat badan, ternyata telur juga bisa menaikkan berat badan, lho. Tentunya dengan cara konsumsi yang berbeda.

Karena mengandung protein dan lemak sehat, makanan ini dianjurkan untuk menjadi salah satu menu wajib saat kamu ingin menaikkan berat badan.

Baca Juga: 5 Gangguan Kesehatan Bisa Diatasi dengan Bercinta

4. Dark Chocolate

Cokelat hitam mengandung lemak dan kepadatan kalori yang tinggi, sehingga bisa memenuhi kebutuhan kalori tubuh serta membantu dalam proses peningkatan berat badan.

5. Pasta

Selain nasi, roti, dan kentang, kamu juga bisa mendapat karbohidrat dari pasta. Dalam 100 gram pasta jenis spaghetti terdapat 139 kalori dan 22,6 gram karbohidrat yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan bantu tingkatkan berat badan.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa bantu menaikkan berat badan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga