5 Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Gen Z

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 13 Juni 2024
0 dilihat
5 Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Gen Z
Gen Z kini hidup di era yang penuh dengan peluang, dengan beragam jurusan kuliah yang sangat diminati dan cocok untuk mereka. Foto: Repro pikiran-rakyat.com

" Generasi Z saat ini memiliki dunia yang penuh peluang dengan jurusan kuliah yang populer dan sesuai untuk mereka. Mulai dari teknologi canggih hingga tren terkini di media sosial, pilihan jurusan ini menawarkan berbagai kesempatan menarik "

KENDARI, TELISIK.ID - Generasi Z saat ini memiliki dunia yang penuh peluang dengan jurusan kuliah yang populer dan sesuai untuk mereka. Mulai dari teknologi canggih hingga tren terkini di media sosial, pilihan jurusan ini menawarkan berbagai kesempatan menarik.

Pada umumnya, dikutip dari campus.quipper.com, jurusan merupakan bagian dari fakultas yang menjadi fokus bidang studi yang dipilih dan dipelajari oleh mahasiswa. Disiplin ilmu dalam sebuah jurusan biasanya terbagi menjadi tiga kategori: ilmu humaniora, ilmu eksakta, dan ilmu sosial.

Perlu diketahui, istilah "jurusan" dan "program studi" memiliki makna yang sama. Di lingkungan perkuliahan, para akademisi cenderung lebih sering menggunakan istilah "program studi" atau "prodi" untuk menyebut pembagian divisi pendidikan ini.

Adapun Generasi atau Gen Z kini hidup di era yang penuh dengan peluang, dengan beragam jurusan kuliah yang sangat diminati dan cocok untuk mereka. Mulai dari teknologi mutakhir hingga tren terbaru di media sosial, berbagai pilihan jurusan ini membuka banyak kesempatan menarik.

Baca Juga: Kembali Ukir Prestasi, Provinsi Sulawesi Tenggara Masuk Kategori Paling Berintegritas di SPI Pendidikan KPK

Melansir masuk-ptn.com, berikut beberapa pilihan jurusan kuliah yang cocok untuk Gen Z:

Data Science

Program studi Data Science mempersiapkan mahasiswa menjadi ahli dalam mengelola berbagai jenis data, termasuk data yang tidak terstruktur. Mereka dilatih untuk memecahkan masalah dan memberikan rekomendasi menggunakan teknik analisis big data, yang mencakup Statistika dan Machine Learning. Lulusan program ini dapat berkarier sebagai Data Scientist, Big Data Engineer, dan lainnya.

Teknik Pangan

Jurusan Teknik Pangan mempersiapkan generasi Z dengan pengetahuan dalam ilmu pertanian dan pangan, fokus pada teknik pengolahan makanan serta aspek bisnisnya. Lulusan memiliki peran penting di industri makanan dan minuman, dengan peluang karier seperti Food Scientist, Quality Control Supervisor, Food Analyst, dan berbagai profesi lainnya.

Artificial Intelligence (AI)

Jurusan Artificial Intelligence mengajarkan pengembangan sistem komputer yang meniru kecerdasan manusia, dengan fokus pada inovasi dan solusi untuk masyarakat. Lulusan dapat mengejar karier sebagai Machine Learning Engineer, AI Professional, dan profesi terkait lainnya.

Baca Juga: Kembali Ukir Prestasi, Provinsi Sulawesi Tenggara Masuk Kategori Paling Berintegritas di SPI Pendidikan KPK

Creative Communication

Program studi Creative Communication membantu generasi Z menjadi komunikator yang handal melalui pembelajaran berbasis proyek. Mahasiswa mempelajari teori dan keterampilan untuk menciptakan konten komunikasi lintas media. Prospek karier termasuk Communication Specialist, Content Writer, Event Organizer, dan lainnya.

Teknik Industri

Program studi Teknik Industri mengajarkan optimisasi kegiatan manusia dalam industri, mengintegrasikan fisika, matematika, desain, dan ilmu komputer. Mahasiswa belajar mendesain, mengontrol, dan meningkatkan kinerja sistem produksi. Lulusan dapat berkarier sebagai Industrial and System Engineer, Production Engineer, dan berbagai profesi terkait lainnya.

Nah, itulah beberapa pilihan jurusan kuliah bisa jadi pertimbangan untuk kamu Gen Z yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Semoga bermanfaat. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga