5 Kebiasaan yang Bisa Tingkatkan Stamina di Usia 40-an ke Atas

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 01 Juni 2023
0 dilihat
5 Kebiasaan yang Bisa Tingkatkan Stamina di Usia 40-an ke Atas
Untuk mendapatkan stamina yang optimal, penuhi kebutuhan tubuh dengan makanan padat nutrisi, termasuk protein tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, maupun sayuran. Foto: Parapuan.co

" Seiring bertambahnya usia, tak sedikit dari kita mulia khawatir mengenai stamina dan kondisi kesehatan seperti diabetes hipertensi dan sebagainya "

KENDARI, TELISIK.ID - Seiring bertambahnya usia, tak sedikit dari kita mulia khawatir mengenai stamina dan kondisi kesehatan seperti diabetes hipertensi dan sebagainya.

Apalagi, dengan kebiasaan-kebiasaan yang kurang sehat tentu memperburuk kondisi kesehatan kita sendiri. Namun, ternyata kita bisa menjaga stamina dengan hal-hal sederhana.

Mulai dari olahraga teratur hingga membuat pilihan yang bijaksana tentang nutrisi dan tidur yang cukup, kebiasaan-kebiasaan ini mencakup berbagai bidang yang berkontribusi pada stamina tubuh kita.

Berikut ini, kebiasaan yang bisa tingkatkan stamina diusia 40-an seperti dikutip dari Kompas.com dan klikdokter.com:

Baca Juga: Ini Tanaman Aromaterapi Alami, Bikin Ruangan Harum hingga Hilangkan Stres

1. Perhatikan asupan makanan

Peran nutrisi terhadap kesehatan fisik dan mental sering dipandang sebelah mata. Masih banyak orang di usia empat puluh tahun yang kurang memerhatikan apa yang mereka konsumsi. Padahal, makanan berperan penting agar tetap bugar di usia itu.

Hindari makanan dengan kandungan gula tinggi. Gula memang dapat dengan cepat diserap tubuh, serta meningkatkan mood dan stamina. Namun, hal tersebut hanya untuk jangka waktu yang sebentar. Apabila kadar gula mulai hilang, mood dan stamina juga dapat menurun.

2. Lakukan kardio

Melakukan latihan kardiovaskular juga sangat penting untuk membangun stamina, terutama seiring bertambahnya usia kita. Sebab, latihan kardiovaskular secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan stamina. Targetkan setidaknya 150 menit latihan kardio intensitas sedang setiap minggu untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Cukupi kebutuhan cairan

Selain makanan, menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh juga sama pentingnya. Ini karena tubuh kita juga membutuhkan elektrolit agar dapat berfungsi dengan baik, apalagi di usia 40 tahun.

Setelah seharian beraktivitas, pastinya tubuh kehilangan banyak cairan. Agar tubuh terhidrasi dengan baik, cukupi asupan cairan Anda minimal delapan gelas per hari.

Baca Juga: Miss V Bau Setelah Berhubungan Seks? Hilangkan dengan Ini

4. Istirahat cukup

Kualitas tidur yang baik juga jadi salah satu cara menjaga stamina. Menurut informasi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine tahun 2015, orang dewasa harus memenuhi kebutuhan tidur minimal tujuh jam setiap malamnya untuk kesehatan yang optimal.

Apabila kurang dari tujuh jam, dapat menyebabkan peningkatan berat badan, diabetes, hipertensi, penyakit jantung dan stroke, depresi, serta meningkatkan risiko kematian.

5. Prioritaskan nutrisi

Untuk mendapatkan stamina yang optimal, penuhi kebutuhan tubuh dengan makanan padat nutrisi, termasuk protein tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, maupun sayuran. Selain itu, tetaplah terhidrasi dengan minum banyak air dan hindari asupan makanan bergula dan makanan olahan yang berlebihan, yang menurut penelitian dapat menyebabkan kehabisan energi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga