5 Kontroversi Wasit di Laga Timnas Indonesia U-23 VS Qatar Piala Asia U-23 2024, Justin Hubner Tertawa

Merdiyanto , telisik indonesia
Selasa, 16 April 2024
0 dilihat
5 Kontroversi Wasit di Laga Timnas Indonesia U-23 VS Qatar Piala Asia U-23 2024, Justin Hubner Tertawa
Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23 pada partai pembuka Grup A Piala Asia U-23 2024 yang penuh kontroversi. Foto: Repro PSSI

" Kekalahan Timnas U-23 tidak lepas dari keputusan-keputusan wasit Nasrullo Kabirov yang kontroversi saat memimpin pertandingan antara tim tuan rumah dan tim debutan di Piala Asia U-23 "

DOHA, TELISIK.ID - Laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar menuai berbagai kontroversi. Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23 merupakan laga pembuka Grup A Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan 2-0 atas Qatar U-23 dalam pertandingan pembuka yang berlangsung di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, pada Senin (15/4/2024) malam waktu setempat.

Dikutip dari Cnnidonesia.com, kekalahan Rizky Ridho dan kawan-kawan tidak lepas dari keputusan-keputusan wasit Nasrullo Kabirov yang kontroversi dalam memimpin pertandingan yang melibatkan tim tuan rumah dan tim debutan di Piala Asia U-23 memantik perdebatan. Ada andil pula dari wasit VAR Sivakorn Pu Udon dalam keputusan-keputusan yang diambil Kabirov.

Berikut lima keputusan kontroversi wasit dalam partai pembuka Grup A Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23:

1. Penalti untuk Qatar

Hukuman pinalti yang bermula dari sebuah umpan panjang yang dilakukan Qatar di kotak penalti Indonesia. Rizky Ridho menjaga Mahdi Salem. Keduanya terjatuh. Wasit Kabirov semula memberi pelanggaran untuk Indonesia karena menilai pemain Qatar itu menaruh badan untuk membuat Ridho terjatuh.

Baca Juga: Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia U-23 Takluk 0-2 Dari Qatar, Diwarnai Keputusan Kontroversi

Namun kemudian ada komunikasi Kabirov dengan wasit VAR. Wasit lantas kemudian melihat tayangan ulang dan menganggap Ridho melakukan pelanggaran kepada Salem. Hal itu berbuah gol untuk Qatar.

2. Kartu Kuning Rizky Ridho

Tidak hanya menghukum Indonesia dengan penalti, Kabirov juga memberi kartu kuning kepada Ridho. Wasit asal Tajikistan tersebut kemungkinan menganggap gerakan tangan Ridho ke arah Salem menjadi pangkal masalah yang berbuntut penalti dan kartu kuning.

3. Kartu Kuning Kedua Ivar Jenner

Memasuki babak kedua, Kabirov kembali memberi kejutan pahit bagi Timnas Indonesia dengan mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Ivar Jenner. Maka dipastikan Jenner harus keluar.

Insiden kartu kuning kedua Jenner hingga wasit harus mengeluarkan kartu kuning cukup membingungkan dan kontroversial.

4. Witan Ditekel, Hassan Dapat Kartu Kuning

Pada menit ke-56 Hassan melakukan tekel kepada Witan Sulaeman yang menggiring bola. Wasit Kabirov langsung meniup peluit. Sepintas terlihat Kabirov mengeluarkan kartu merah, namun Hassan kemudian hanya mendapat kartu kuning.

5. Indonesia Tidak Mendapat Pelanggaran Setelah Al Hussain Dorong Marselino

Momen lain yang membuat sakit hati dan bikin garuk kepala adalah momen setelah Marselino Ferdinan terlihat didorong Hashmi Al Hussain hingga jatuh tersungkur. Kabirov tidak menganggapnya itu sebuah pelanggaran dan melanjutkan pertandingan dengan lemparan ke dalam untuk Indonesia.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2024: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 VS Qatar U-23, Menanti Kejutan Debutan

Dikutip dari Tribunnews.com, tidak lama setelah pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 vs Qatar selesai, beredar Justin Hubner mengunggah ekspresi sindiran di media sosialnya.

Hal tersebut tidak luput dari keputusan wasit Nasrullo Kabirov yang banyak merugikan Timnas Indonesia U-23 dalam laga pembuka Grup A Piala Asia U-23 2024.

Bintang Timnas Indonesia itu menuliskan kata VAR, kemudian menambahkan emoji tertawa. Bukan hanya itu, ia juga menuliskan kalimat sindiran.

"Bagaimana kamu bisa memberi sebuah penalti," tulis dia. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga