adplus-dvertising

5 Kuliner Indonesia Ini Punya Kembaran di Jepang, Serupa Tapi Tak Sama

Haerani Hambali, telisik indonesia
Kamis, 11 Maret 2021
2320 dilihat
5 Kuliner Indonesia Ini Punya Kembaran di Jepang, Serupa Tapi Tak Sama
Mie Ayam dan Ramen. Foto: Repro Suara.com

" Tapi ternyata, beberapa kuliner Indonesia punya kembaran di negeri Sakura. Beberapa kuliner Jepang ini punya bentuk dan rasa yang sedikit mirip dengan makanan Indonesia. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kuliner nusantara Indonesia selain memiliki rasa yang unik dan nikmat, jenisnya juga sangat beragam. Tak heran jika wisata kuliner termasuk yang paling diburu oleh turis saat ke Indonesia. 

Tapi ternyata, beberapa kuliner Indonesia punya kembaran di negeri Sakura. Beberapa kuliner Jepang ini punya bentuk dan rasa yang sedikit mirip dengan makanan Indonesia.

Kira-kira makanan apa saja yang punya kembaran di Negeri Sakura?


Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, berikut 5 potret makanan Indonesia yang mirip banget sama kuliner Jepang:

1. Klepon dan Dango

Bentuknya sama-sama bulat. Tapi keduanya punya perbedaan. Kalau dango isian dalamnya ada kacang merahnya, si klepon punya cita rasa manis ketika digigit karena di bagian dalamnya ada isian gula merahnya.

Baca juga: 6 Resep Sate Seafood Mewah ala Rumahan, Mudah dan Menggugah Selera

2. Mie Ayam dan Ramen

Mirip alias kembar identik. Bedanya cuma di bagian pelengkapnya aja. Kalau ramen Jepang toppingnya lebih ramai dan beragam.

Bahkan kadang suka nyentrik, misalnya toping coklat. Sedangkan si mie ayam biasanya ditaburi potongan daging ayam yang lezat.

3. Lemper dan Sushi

Sama-sama dibungkus, kedua makanan ini ternyata punya isian yang berbeda. Lemper memiliki isian potongan daging ayam di dalamnya, sedangkan sushi biasanya diisi dengan potongan ikan atau seafood jenis lainnya.

4. Mie Goreng dan Yakisoba

Bentuk dari kedua makanan ini mirip banget. Tapi keduanya ada bedanya, lho. Yakisoba rasanya cenderung asin, sedangkan mie goreng memiliki rasa manis. Tekstur mie-nya sendiri juga lebih kenyal mie goreng.

5. Martabak Telur dan Okonomiyaki

Keduanya menggunakan bahan yang sama. Mulai dari tepung, daging, sayuran dan yang lainnya. Yang membuat martabak telur dan okonomiyaki berbeda adalah isian di dalamnya. Jika okonomiyaki menggunakan daging olahan seafood, martabak biasanya diisi dengan daging sapi. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga