adplus-dvertising

5 Makanan Nyeleneh yang Hanya Ada di Indonesia, Berani Coba?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 09 Juni 2022
590 dilihat
5 Makanan Nyeleneh yang Hanya Ada di Indonesia, Berani Coba?
Nasi kentut, makanan khas Medan. Foto: Repro phinemo.com

" Beberapa makanan di Indonesia memiliki nama yang nyeleneh. Namun soal rasa jangan ditanya. Patut dicoba "

KENDARI, TELISIK.ID - Makanan Indonesia umumnya telah dikenal hingga di seluruh penjuru dunia. Tak sedikit dari turis mancangera menyukai makanan asal Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas dengan kumpulan bumbu rempah-rempah di dalamnya serta diberi nama dengan nama yang lazim didengar.

Namun, bagaimana jika makanan tersebut memiliki nama yang nyeleneh? Berikut nama makanan nyeleneh yang hanya ada di Indonesia.

Dilansir dari IDN.Times.com, berikut nama-nama makanan aneh yang hanya ada di Indonesia.


1. Nasi Kentut

Nasi kentut, makanan khas Medan. Foto: Repro phinemo.com

 

Nasi kentut merupakan makanan khas Medan yang dimasak dengan daun kentut (paederia scandens) atau biasa dikenal orang Jawa dengan nama daun kesembukan. Meskipun daun ini berbau tidak sedap seperti kentut manusia, tetapi daun ini banyak khasiatnya lho. Nasi ini disajikan dengan ikan pepes, ayam gulung, tahu dan tempe sesuai selera.

Dilansir dari sehatq.com manfaat daun kentut antara lain: mengatasi berbagai masalah pencernaan, melindungi organ hati, berpotensi dijadikan obat batuk alami, mengobati radang sendi, tinggi antioksidan, menurunkan risiko kanker.

2. Kerupuk Melarat

Kerupuk melarat dari Cirebon. Foto: Repro Instagram @neocirebon

 

Makanan khas Cirebon ini biasa disajikan dengan sambal asam. Kerupuk ini disebut melarat karena tidak digoreng dengan minyak, tetapi dimasak dengan pasir yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Kerupuk ini tersedia dalam beraneka ragam warna yang menarik, yaitu hijau, putih, kuning, dan merah muda.

3. Kue Onde-Onde Ketawa

Onde-onde ketawa. Foto: Repro Instagram @dhinilarasati

 

Kue ini pertama kali dibuat pada masa dinasti Zhou untuk para tukang kayu dan tukang batu yang membangun istana kekaisaran. Kue ini melambangkan keselamatan dan kebersamaan.

Dikutip dari indozone.id, kuliner aneh Indonesia lainnya, antara lain:

4. Mi Pentil

Mie pentil khas Bantul. Foto: Repro idntimes.com

 

Nama mi ini terbilang aneh bukan? Dilansir dari wikipedia.com, mi pentil atau bakmi pentil adalah sebuah makanan khas Bantul yang berasal dari Kecamatan Pundong, Bantul. Kuliner ini terdiri dari mi berwarna putih dan kuning. Nama mi tersebut diambil dari nama penutup ban yang biasanya disebut pentil karena bentuknya yang panjang dan kenyal menyerupai pentil.

Bentuk mi ini panjang-panjang dengan warna kuning dan putih. Cara pembuatannya pun terbilang unik karena harus diinjak-injak dulu.

5. Kuku Macan

Kuku macan dari Balikpapan . Foto: Repro pegipegi.com

 

Makanan dengan nama ameh ini berasal dari Balikpapan. Kerupuk kuku macan juga dikenal dengan nama kerupuk amplang.

Bahan dasarnya adalah tepung tapioka dan ikan tenggiri. Bentuknya unik seperti kuku macan yang runcing dan panjang. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga