5 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Kulit

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 27 Agustus 2022
0 dilihat
5 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Kulit
Manfaat mandi pagi tidak hanya membuat tubuh terasa segar, tetapi juga baik untuk kesehatan. Foto: Repro kaltimtoday.co

" Selain kesehatan fisik, mandi di pagi hari juga diketahui berdampak baik bagi kesehatan mental, termasuk mengurangi gejala depresi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu aktivitas positif yang mesti dilakukan saat pagi hari adalah mandi. Dengan mandi pagi, tubuh dan pikiran akan lebih fresh.

Dikutip dari alodokter.com, manfaat mandi pagi tidak hanya membuat tubuh terasa segar, tetapi juga baik untuk kesehatan.

Selain kesehatan fisik, mandi di pagi hari juga diketahui berdampak baik bagi kesehatan mental, termasuk mengurangi gejala depresi.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa manfaat mandi paguli untuk kesehatan kulit:

1. Menutup pori-pori kulit

Kamu bisa mencoba untuk mandi dengan air dingin di pagi hari. Hal ini akan membuat pori-pori kulit kamu menutup, sehingga pori-pori kulit kamu tidak akan tersumbat oleh kotoran dan akan menjauhkan kamu dari jerawat atau kulit kusam.

2. Melindungi minyak alami kulit

Mandi dengan air hangat tentu akan menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kamu. Dengan begitu, kulit kamu akan terasa sangat kering.

Biasakan pada saat mandi pagi hari menggunakan air dingin agar minyak alami yang diproduksi oleh kulit kamu tidak hilang. Sel-sel kulit kering dan keriput menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Baca Juga: Ini Penyebab Batuk Terus Menerus dan Cara Mengatasinya

Jadi tidak ada salahnya kamu mandi pada pagi hari menggunakan air dingin agar kulit kamu terawat dan tetap awet muda.

3. Menghilangkan mata panda

Kamu memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau biasa dikenal dengan istilah mata panda? Tenang, dengan rajin mandi pada pagi hari dan menggunakan air dingin, kamu bisa menghilangkan lingkaran hitam atau mata panda yang ada di sekitar mata kamu.

Pasalnya, mandi pagi akan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh ditambah kamu mandi dengan air dingin, sehingga lingkaran hitam atau mata panda akan berkurang.

Selain itu, kulit kamu akan lebih terasa sehat dan kencang saat kamu mandi pagi dengan air dingin.

4. Mengurangi bengkak sekitar wajah khususnya bagian mata

Saat bangun tidur, pernahkah kamu merasa wajahmu sedikit bengkak dibandingkan waktu-waktu lainnya?

Nah, mandi air dingin pada pagi hari ternyata bisa membantu kamu untuk mengurangi bengkak pada wajah saat kamu baru bangun tidur.

Baca Juga: Awas, Ini Penyebab dan Gejala Flu Burung pada Manusia

5. Membuat kulit terlihat lebih cerah dan awet muda

Mandi pagi hari tentu sangat menyegarkan tubuh. Setelah semalaman tubuh beristirahat, mandi di pagi hari adalah salah satu kegiatan yang cukup menyehatkan untuk tubuh.

Selain membersihkan tubuh, mandi pada pagi hari dengan menggunakan air dingin tentu bisa membuat sirkulasi darah di dalam tubuh kamu lebih lancar, sehingga akan membuat kamu merasa memiliki tubuh yang sehat dan segar. Aliran darah yang lancar inilah yang membuat kulit tidak kering dan membuat kulit lebih kenyal.

Jika kamu rajin mandi dengan air dingin pada pagi hari, tentu akan membuat kulit kamu semakin berkualitas dari hari ke hari.

Karena banyak manfaat yang bisa kamu rasakan setelah kamu mandi pagi, sebaiknya mulai sekarang rajin untuk bangun pagi dan langsung mandi. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga