5 Manfaat Tidur Tanpa Bantal, Wajib Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 20 Desember 2022
0 dilihat
5 Manfaat Tidur Tanpa Bantal, Wajib Dicoba
Tidur tanpa bantal memiliki manfaat positif untuk tubuh. Foto: Repro hellosehat.com

" Setiap orang seringkali berbeda cara tidurnya. Di antaranya ada yang nyaman tidur tanpa memakai bantal "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap orang seringkali berbeda cara tidurnya. Di antaranya ada yang nyaman tidur tanpa memakai bantal.

Dikutip dari halodoc.com dari Healthline, setiap orang memang memiliki preferensi berbeda-beda untuk mendapatkan kenyamanan saat tidur. Beberapa orang suka tidur di bantal besar nan empuk, sementara orang lain merasa hal tersebut tidak nyaman.

Sementara tidur tanpa bantal ternyata juga memiliki manfaat positif untuk tubuh. 

Dimana tidur tanpa bantal diduga sangat cocok untuk mereka yang sering mengeluhkan sakit leher atau punggung ketika bangun tidur.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan

Melansir yoursay.id yang merangkum Hellosehat, SehatQ, YesDok, KlikDokter dan Guesehat, berikut beberapa manfaat tidur tanpa bantal yang wajib kamu ketahui:

1. Mencegah munculnya jerawat di wajah

Tidur tanpa bantal bisa membantu untuk mencegah jerawat pada wajah. Pasalnya ketika tidur dengan beralasakan bantal, bakteri dan  juga kotoran yang menempel di sarung bantal bisa berpindah ke area kulit.

Pada akhirnya, kotoran dari sarung bantal bisa menyumbat pori-pori serta memicu munculnya jerawat.

Tidur menggunakan bantal, terutama dengan sarung bantal yang kotor, bisa menyebabkan kondisi jerawat semakin meradang, bahkan bisa infeksi apabila tidak segera diatasi.

2. Tidur tanpa bantal dapat mencegah sakit punggung

Ketika kamu tidur dengan menggunakan bantal yang tebal, maka tulang punggung akan berubah posisi yang pada akhirnya dapat membuat kamu mengalami sakit punggung ketika terbangun. Dalam hal ini, tidur tanpa menggunakan bantal dapat jadi solusi terbaik untuk mengatasi sakit punggung.

Tidak hanya itu saja, tidur tanpa menggunakan bantal juga akan membuat tulang belakang sepenuhnya beristirahat dengan lekuk tubuh yang alami. Ini juga akan mengurangi rasa sakit pada bagian leher.

Para ahli kesehatan sepakat bahwa tidur tanpa menggunakan bantal secara alami baik bagi tubuh.

Beberapa ahli juga mengungkapkan bahwa tidur tanpa menggunakan bantal bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur serta membuat tubuh kamu menjadi lebih nyaman.

Tidur tanpa menggunakan bantal bisa membuat tulang belakang dan juga leher menjadi lebih relaks saat tidur.

3. Bagus untuk rambut

Apabila Kamu bangun tidur di pagi hari dengan keadaan rambut kering dan juga kusut, maka pertimbangkanlah untuk tidur tanpa menggunakan bantal.

Ketika tubuh bolak-balik pada malam hari, rambut Kamu juga akan bergesekan dengan sarung bantal yang menyebabkan rambut menjadi patah.

Selain itu, sarung bantal juga bisa menyerap minyak yang ada pada rambut. Dampaknya, rambut Kamu akan menjadi kering dan juga rapuh.

4. Mendukung kesehatan punggung dan leher

Posisi tidur ini bisa membuat punggung beristirahat dalam posisi yang natural, sehingga kamu tidak akan merasakan sakit pada area punggung keesokan harinya.

Sementara itu, tidur dengan alas kepala yang terlalu empuk bisa menyebabkan otot leher meregang serta mengurangi aliran darah menuju ke otak.

Bahkan, jika kepala kamu miring ke bawah ketika sedang tidur dengan alas kepala yang tidak bisa menyokong kepala, maka aliran udara menuju ke sistem pernapasan akan menjadi berkurang. Hal tersebut bisa menyebabkan kamu terbangun keesokan paginya dengan kondisi kepala yang terasa sakit.

Oleh karena itu, tidur menggunakan alas kepala ini sebenarnya berpotensi menyebabkan kamu mengalami berbagai kondisi pada kesehatan.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Merangsang Ketajaman Otak

Oleh sebab itu, tidur tanpa menggunakan bantal mungkin dapat menjadi salah satu alternatif, khususnya bagi kamu yang sudah mulai merasakan sakit pada bagian punggung dan juga leher.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Tidur menggunakan bantal bisa mengganggu kualitas tidur karena kamu mungkin saja akan terus merasa gelisah untuk mengubah posisi. Jika berlangsung secara terus-menerus, maka kondisi ini dapat memicu terjadinya stres.

Untuk itu, tidur tanpa menggunakan bantal baik bagi kesehatan karena membuat kamu menjadi tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, tingkat stres kamu secara alami bisa berkurang.

Nah, itulah beberapa manfaat jika kita tidur tanpa menggunakan bantal. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga