5 Obat Panas Dalam Alami

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 16 Agustus 2023
0 dilihat
5 Obat Panas Dalam Alami
Panas dalam adalah kondisi yang cukup mengganggu karena bisa membuat kita merasa tidak nyaman seperti ketika makan dan berbicara. Foto: Alodokter.com

" Panas dalam adalah kondisi yang cukup mengganggu, karena bisa membuat kita merasa tidak nyaman seperti ketika makan dan berbicara "

KENDARI, TELISIK.ID - Panas dalam adalah kondisi yang cukup mengganggu, karena bisa membuat kita merasa tidak nyaman seperti ketika makan dan berbicara.

Selain mengonsumsi obat-obatan tertentu, panas dalam juga bisa diatasi secara alami, seperti dengan madu, berkumur dengan air garam, dan minum minuman yang hangat.

Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk meringankan gejala panas dalam di antaranya:

1. Air Jahe

Dilansir dari Detik.com, air jahe juga berkhasiat untuk meredakan gejala panas dalam. Senyawa antibakteri yang terdapat dalam jahe bisa membantu untuk meredakan rasa nyeri di tenggorokan.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Penyaring Polusi Udara di Rumah

2. Madu

Madu memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menjadi obat panas dalam alami. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, maka disarankan bagi kamu untuk mengkonsumsi madu yang murni.

Manfaat tersebut bisa kamu rasakan karena madu bersifat antiinflamasi dan antimikroba yang membantu melawan infeksi dalam tenggorokan. Selain itu, madu juga bisa memberikan efek nyaman ketika tenggorokan sedang terasa panas dan perih.

3. Teh Chamomile

Dilansir dari Kids Health, teh chamomile mampu membantu meringankan panas dalam. Chamomile adalah jenis tumbuhan bunga aster yang biasanya disajikan dalam bentuk teh. Hal ini bisa terjadi karena teh chamomile memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, astringent yang membantu melawan infeksi yang menyebabkan kondisi ini.

Baca Juga: Meski Cukup Sulit, Posisi Bercinta Helikopter Beri Kepuasan Maksimal

4. Berkumur dengan larutan garam

Dilansir dari Kompas.com, berkumur dengan larutan garam sudah terbukti dapat melegakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh panas dalam. Cara mudah, Anda hanya melarutkan satu sehingga dua sendok teh garam pada satu gelas air hangat dan menggunakannya untuk berkumur.

5. Mandi dengan air hangat

Menghirup uap air yang keluar ketika mandi air hangat dapat menipiskan lendir dan melembapkan serta melegakan sakit tenggorokan karena panas dalam.

Selain mandi dengan air hangat, Anda juga bisa menggunakan humidifier atau pelembap udara untuk menjaga kelembapan ruangan dan tenggorokan. Selain beberapa obat panas dalam alami di atas, beberapa obat herbal panas dalam juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga