5 Pedang Tertajam dan Mematikan di Dunia, Pernah Dipakai Pemimpin Muslim Salahuddin Al Ayubi

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 12 Mei 2024
0 dilihat
5 Pedang Tertajam dan Mematikan di Dunia, Pernah Dipakai Pemimpin Muslim Salahuddin Al Ayubi
Pedang Damaskus (kiri), dan Salahuddin Al Ayubi (kanan), di film Kingdom Of Heaven. Foto: Repro Arabamerica.com/Pinterest

" Beberapa pedang di dunia dikenal karena kehebatannya, salah satunya adalah Pedang Damaskus yang pernah dipakai oleh pemimpin Muslim, Salahuddin Al Ayubi, dalam menaklukkan Yerusalem pada 2 Oktober 1187 M "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa pedang di dunia dikenal karena kehebatannya, salah satunya adalah Pedang Damaskus yang pernah dipakai oleh pemimpin Muslim, Salahuddin Al Ayubi, dalam menaklukkan Yerusalem pada 2 Oktober 1187 M.

Melansir sindonews.com, pedang Damaskus merupakan salah satu dari beberapa pedang paling tajam dan mematikan di dunia. Kehebatan pedang ini menjadi misteri yang menarik perhatian banyak ahli metalurgi. Konon, bilah pedang ini bisa membelah sutera halus menjadi dua bagian hanya dengan menyentuhnya.

Namun, tidak hanya Pedang Damaskus yang terkenal akan kehebatannya. Di antara deretan pedang paling mematikan di dunia, terdapat beberapa yang juga patut diperhitungkan, seperti Pedang Urumi, Tizona, Katana, dan Khopesh.

Baca Juga: Diperingati Setiap 12 Mei, Praktek Perawat Sudah Ada Sejak Zaman Sebelum Masehi

Pedang Urumi, berasal dari India pada masa Dinasti Maurya sekitar 350-150 SM, memiliki bilah yang tidak biasa yang lebih mirip cambuk logam ketika diayunkan. Dengan dua ujung yang tajam, pedang ini mampu memberikan serangan mematikan kepada lawannya.

Sementara itu, Tizona, yang dipegang oleh Rodrigo Díaz de Vivar, atau dikenal sebagai El Cid, merupakan pedang yang anggun dengan warna emas yang mengkilap. Pedang ini tidak hanya memiliki desain yang elegan, tetapi juga bilah yang sangat tajam.

Katana, merupakan simbol dari keberanian dan keahlian para Samurai Jepang Kuno. Dengan mata tunggal yang melengkung dan desain pegangan yang dirancang untuk penggunaan dua tangan, Katana menjadi salah satu pedang paling berbahaya jika digunakan dengan baik.

Baca Juga: Desain Stasiun Kereta Baru China Mirip Pembalut Wanita

Sementara itu, Khopesh, merupakan evolusi dari peralatan pertanian menjadi senjata mengerikan pada era Mesir Kuno. Dengan tepi luar bilah yang melengkung sangat tajam, pedang ini menjadi simbol otoritas di tangan para Firaun.

Namun, tidak hanya pedang dari zaman kuno yang memiliki kehebatan. Mengutip liputan6.com, Pedang Joyeuse yang terkait dengan sejarah Charlemagne juga memiliki tempatnya sendiri dalam daftar pedang-pedang paling legendaris di dunia. Joyeuse, nama pedang pribadi Charlemagne, memiliki sejarah yang panjang dan penuh misteri.

Joyeuse, salah satu pedang paling terkenal dalam sejarah, menjadi simbol keberanian dan kekuasaan Charlemagne. Dengan gagang yang terbuat dari emas yang dipahat dan berlian, pedang ini memiliki penampilan yang megah serta kekuatan yang tak tertandingi. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga