5 Ribu Lebih Peserta Terdaftar Jalur UTBK Mandiri UHO Kendari

Nur Fauzia, telisik indonesia
Sabtu, 13 Juli 2024
0 dilihat
5 Ribu Lebih Peserta Terdaftar Jalur UTBK Mandiri UHO Kendari
Suasana setelah tes UTBK Mandiri UHO di Laboratorium Matematika. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Sebanyak 5968 orang calon mahasiswa terdaftar di jalur Ujian Tes Berdasarkan Komputer (UTBK) Mandiri tahun 2024 Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 5968 orang calon mahasiswa terdaftar di jalur Ujian Tes Berdasarkan Komputer (UTBK) Mandiri tahun 2024 Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat UHO, La Ode Abdul Hamdan mengatakan, tes UTBK Mandiri akan dilaksanakan sejak 11 - 13 Juli 2024. Jumlah pendaftar UTBK Mandiri tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Hamdan menjelaskan, jumlah kuota untuk jalur Mandiri per fakultas belum dapat diketahui sampai pengumuman nanti. Pengumuman jalur Mandiri akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2024 melalui akun masing-masing.

Kata dia, proses tes UTBK jalur Mandiri sama dengan UTBK SNBT dengan menggunakan seluruh laboratorium komputer di UHO. Tes akan dibagi menjadi 3 sesi setiap harinya, sesi pertama pada pukul 07.30 dan sesi terakhir berakhir pada pukul 15.00.

Hamdan berharap kepada para peserta tes agar tidak terlambat dan menyiapkan berkas yang dibutuhkan pada saat tes. Apalagi pihak Humas UHO sudah memberikan informasi dengan jelas.

Baca Juga: Ciptakan Mahasiswa Unggul dan Berdaya Saing, FHIL UHO Kendari Lakukan Ini

"Calon mahasiswa harus mengikuti aturan sesuai prosedur, kami tidak berharap mereka terlambat atau seperti apa, yang jelas waktu pelaksanaan sudah tertera dengan jelas dan jadwalnya juga sudah mereka tahu jadi kendalanya hanya di calon mahasiswa itu sendiri kalau kami sudah siap" tegasnya, Jumat (12/7/2024).

Sementara itu, Ica Rahmawati, alumni SMAN 1 Pulau Taliabo, salah satu peserta tes UTBK Mandiri mengungkapkan, sebelum mengikuti tes jalur mandiri dia sudah mengikuti tes jalur SNBP dan jalur SNBP namun belum lolos.

Awalnya, Ica ingin mengambil jurusan Ilmu Hukum namun belum diberi kesempatan untuk lolos pada fakultas tersebut sehingga ia akhirnya memilih jurusan Ilmu Komputer.

Muhammad Rahmat Mauludi, alumni SMA 1 Raha, peserta tes lainnya, menjelaskan bahwa alasan dia mengikuti seleksi jalur mandiri karena ia tidak lolos pada tes UTBK SNBT lalu.

Baca Juga: FKIP UHO Kendari Miliki Wakil Dekan Baru, Siap Sukseskan Visi Misi Fakultas

Awalnya, ia ingin mengambil jurusan Pertanian namun diseleksi kali ini ia mengambil jurusan Penjaskes.

Ditanya alasan mengapa ia memutuskan untuk pilih jurusan lain, ia mengaku bahwa untuk jurusan pada tes jalur mandiri di UHO ditentukan oleh pihak kampus. Pada tes kali ini, ia mempersiapkan diri dengan belajar lebih giat dan lebih rajin berdoa.

Para peserta tes tidak wajib menggunakan baju hitam putih asalkan menggunakan pakaian yang rapi. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga