5 Spesies Laba-Laba Paling Mematikan di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 26 November 2022
0 dilihat
5 Spesies Laba-Laba Paling Mematikan di Dunia
Laba-laba ini hanya ditemukan di Afrika dan memiliki racun yang mengandung cryotoxin, bisa menyebabkan pendarahan hingga rusaknya ginjal dan hati. Foto: Repro Idntimes.com

" Racun laba-laba dirancang untuk bekerja pada hewan yang lebih kecil, tetapi racun di beberapa spesies dapat menyebabkan lesi kulit pada manusia, hasilkan alergi hingga mengakibatkan kematian "

KENDARI, TELISIK.ID - Laba-laba merupakan hewan pemangsa (karnivora), bahkan kadang-kadang kanibal. Laba-laba memiliki dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dan tak memiliki mulut pengunyah.

Mengutip Wikipedia.com, tak semua laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa, akan tetapi semuanya mampu menghasilkan benang sutera dari kelenjar (disebut spinneret) yang terletak di bagian belakang tubuhnya.

Melansir Kompas.com, terdapat lebih dari 43.000 spesies laba-laba yang ditemukan di dunia. Dari jumlah tersebut, hanya sejumlah kecil yang dikatakan berbahaya dan bertanggung jawab atas kematian manusia. 

Racun laba-laba dirancang untuk bekerja pada hewan yang lebih kecil, tetapi racun di beberapa spesies dapat menyebabkan lesi kulit pada manusia, hasilkan alergi hingga mengakibatkan kematian. 

Berikut ini laba-laba beracun yang racunnya bisa membunuh manusia dilansir dari beragam sumber antara lain:

1.  Laba-laba pertapa coklat (loxosceles reclusa)

Seperti namanya, laba-laba pertapa coklat (Loxosceles reclusa) memiliki sifat pemalu dan cenderung bersembunyi di tempat gelap dan terlindung. Laba-laba pertapa coklat akan menggigit jika merasa terancam, dan gigitannya bisa mematikan. Mereka biasanya ditemukan di Amerika Serikat bagian selatan dan tengah, membentang dari Nebraska tenggara ke Ohio barat daya, Georgia selatan ke barat laut dan ke Texas.

Baca Juga: Burung Godwit Pecahkan Rekor Bisa Terbang Berhari-hari Tanpa Berhenti

2. Tarantula bersiul (selenocosmia Crassipes)

Dilansir dari Idntimes.com, dengan taringnya yang berukuran satu centi, racunnya bisa membuat kamu muntah-muntah hingga delapan jam. Memang tidak membunuh manusia, namun bisa membunuh anjing besar.

3. Black widow (latrodectus mactans)

Dikutip dari Kompas.com, gigitan black widow terasa seperti tusukan jarum di kulit, sering menyebabkan nyeri otot yang parah, kram, mual, dan kelumpuhan ringan pada diafragma hingga membuat sulit bernapas.

4. Laba-laba gelandangan (eratigena agrestis)

Bila dibandingkan dengan laba-laba pertapa coklat, racunnya jauh lebih berbahaya bagi manusia. Sedangkan laba-laba gelandangan diketahui menggigit jika merasa terancam, ada banyak perdebatan tentang seberapa berbisa mereka sebenarnya. 

Baca Juga: Peneliti Temukan Fakta Baru Mimosa Pudica yang Malu Saat Disentuh

Gigitan laba-laba gelandangan menyebabkan pembengkakan dan kemerahan di sekitar area tersebut dan dapat memiliki efek yang lebih parah pada anak kecil.

5. Laba-laba pasir bermata enam (sicarius hahni)

Hewan ini hanya ditemukan di Afrika, laba-laba ini pintar bersembunyi namun jarang menggigit manusia. Tetap saja racunnya yang mengandung cryotoxin bisa membuatmu mengalami pendarahan hingga rusaknya ginjal dan hati. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga