5 Tips Dapat Modal untuk Bisnis

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 28 Mei 2023
0 dilihat
5 Tips Dapat Modal untuk Bisnis
Banyak orang yang bermimpi untuk jadi pengusaha hebat, sayangnya mereka kesulitan dalam memulai usahanya karena kendala modal. Foto: Adira.co.id

" Membuka usaha menjadi impian sebagian orang. Banyak orang yang punya mimpi menjadi pengusaha sukses, sayangnya mereka terkendala modal untuk memulai usahanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Membuka usaha menjadi impian sebagian orang. Banyak orang yang punya mimpi menjadi pengusaha sukses, sayangnya mereka terkendala modal untuk memulai usahanya.

Dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id dan Liputan6.com, berikut tips-tips yang dapat dipraktikkan untuk mendapatkan modal pengembangan bisnis.

1. Memanfaatkan Tabungan Pribadi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan jika membutuhkan modal untuk keperluan modal bisnis, yaitu Anda dapat memanfaatkan tabungan milik pribadi. Tentunya Anda hanya bisa menerapkan cara ini jika Anda memiliki tabungan dengan nominal yang cukup.

Baca Juga: 5 Tips Pilih Hewan Kurban yang Baik

Untuk itu, supaya Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengumpulkan modal bisnis, Anda dapat memulainya dengan menabungkan sekian persen dari pendapatan Anda per bulannya. Dengan begitu, jika Anda konsisten melakukan ini, tabungan pribadi untuk mengembangkan bisnis dapat dengan cepat terkumpul.

Memanfaatkan tabungan pribadi sebagai modal untuk bisnis sangat dianjurkan. Pasalnya dengan cara ini, Anda jadi tidak perlu repot untuk mengajukan pinjaman dan harus membayarkan angsuran di bulan-bulan berikutnya.

2. Menjual Beberapa Aset Pribadi

Tips berikutnya yang juga bisa Anda coba untuk mengumpulkan dana sebagai modal bisnis, yaitu dengan menjual beberapa aset berharga yang Anda miliki. Aset berharga ini bisa dalam bentuk apa saja yang menurut Anda bisa menghasilkan banyak uang ketika kembali dijual, seperti misalnya perhiasan, emas, kendaraan, maupun barang-barang koleksi milik Anda lainnya.

Cara ini bisa dijadikan sebagai langkah alternatif apabila tabungan pribadi yang Anda miliki nominalnya belum mencukupi target untuk memodali pengembangan bisnis yang Anda hendak jalankan.

Dengan menggabungkan dua cara tersebut, modal untuk bisnis bisa dengan mudah Anda kumpulkan dengan cepat.

3. Bekerja sama dengan Rekan Bisnis

Memiliki rekan untuk menjalankan bisnis dapat mempermudah Anda selama proses mengembangkan bisnis, termasuk juga dalam aspek pengumpulan modal. Dengan memiliki rekan bisnis, maka artinya Anda tidak harus mengumpulkan modal tersebut seorang diri.

Untuk itu salah satu tips yang patut untuk dicoba ketika Anda sedang dalam tahap mengembangkan bisnis yang hendak dijalankan, yaitu dengan menemukan rekan untuk diajak bekerja sama.

Namun ketika Anda memilih untuk menggunakan cara ini, Anda perlu melakukan riset terhadap calon rekan bisnis Anda tersebut. Jangan sampai calon rekan bisnis Anda malah merugikan alih-alih mempermudah proses pengembangan bisnis.

4. Mencari Investor

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan modal bisnis, yaitu dengan mencari investor yang bersedia untuk menyuntikkan dana pada bisnis yang hendak Anda jalankan.

Salah satu langkah yang bisa Anda ikuti supaya bisa mendapatkan investor yaitu dengan mendaftar seminar maupun workshop investasi. Dengan mengikuti seminar dan workshop investasi, maka kesempatan Anda untuk bertemu banyak investor akan lebih banyak.

Nah, supaya program pengembangan bisnis Anda ini bisa dilirik, Anda perlu menyiapkan proposal yang menarik.

Dengan menariknya proposal bisnis Anda dan gaya penyampaian selama mengikuti seminar, maka kesempatan Anda untuk menemukan investor yang tepat juga akan semakin besar.

Baca Juga: Tips Bikin Muka Awet Muda Murah Meriah, Cuma Pakai Bahan Ini

5. Mengajukan Pinjaman

Apabila Anda membutuhkan modal bisnis dalam waktu cepat, maka salah satu tips yang juga bisa Anda terapkan ketika tidak memiliki tabungan maupun aset pribadi, yaitu dengan mengajukan pinjaman.

Saat ini sudah banyak lembaga penyedia pinjaman yang menawarkan produk pinjaman untuk keperluan modal bisnis, seperti misalnya pinjaman KTA, KUR, KMG, dan sebagainya. Namun tentunya supaya Anda bisa berhasil mendapatkan pinjaman tersebut, Anda perlu memenuhi berbagai macam persyaratan dan yang terpenting yaitu mampu menyanggupi untuk membayarkan cicilan pinjaman hingga lunas.

Anda juga perlu melakukan riset yang mendalam terkait lembaga penyedia pinjaman dan produk pinjaman yang hendak Anda ajukan. Jangan sampai Anda terjebak oleh lembaga pemberi pinjaman yang abal-abal dan hanya merugikan Anda. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga