5 Tips Mengambil Foto Menggunakan Fitur Portrait di Oppo Reno 7 4G

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 19 Juli 2022
0 dilihat
5 Tips Mengambil Foto Menggunakan Fitur Portrait di Oppo Reno 7 4G
Dengan menggunakan mode Portrait, detail subyek utama yang dibidik pengguna akan tampil lebih tajam dan menonjol dibanding obyek lainnya. Foto: Repro Ayobandung.com

" Dengan menggunakan mode Portrait, detail subyek utama yang dibidik pengguna akan tampil lebih tajam dan menonjol dibanding obyek lainnya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Berbagai merek smartphone di tahun 2022 berlomba-lomba untuk merilis perangkat terbaiknya. Salah satunya dengan menghadirkan fitur yang bisa memburamkan latar belakang dari subyek yang tengah dibidik.

Biasanya, fitur yang bisa memberikan efek buram alias bokeh ini mengandalkan sebuah mode di software kamera ponsel bernama “Portrait”.

Dengan menggunakan mode Portrait, detail subyek utama yang dibidik pengguna akan tampil lebih tajam dan menonjol dibanding obyek lainnya.

Nah, salah satu smartphone yang juga memiliki fitur tersebut adalah Oppo Reno 7 4G.

Mengutip dari Technologue.id, seperti tipe HP Oppo kebanyakan, OPPO Reno 7 4G menjadi salah satu dengan kualitas kamera luar biasa. HP yang satu ini terdiri dari dua kamera, meliputi kamera belakang yang terdiri dari kamera utama beresolusi 64MP, kamera potrait beresolusi 2MP, kamera mikroskop beresolusi 2MP.

Kemudian, untuk bagian kamera depan, terdapat sebuah kamera selfie yang beresolusi 32MP, dengan spek kameranya adalah kamera selfie IMX709 RGBW.

Untuk menggunakan mode Portrait, pengguna Oppo Reno7 4G bisa masuk ke aplikasi kamera dan memilih menu "Portrait" dalam mode kamera yang berada di bagian bawah layar.

Berikut beberapa tips mengambil gambar atau foto berkualitas menggunakan mode “Portrait”, seperti dikutip dari Kompas.com:

1. Perhatikan jarak subyek dengan kamera

Untuk menghasilkan foto portrait yang rapi, pengguna harus memastikan terlebih dahulu jarak antara kamera dan subyek yang dibidik. Adapun jarak yang biasanya menjadi patokan supaya mode Portrait bisa berfungsi berkisar antara 1-2 meter.

Baca Juga: Semakin Canggih, Begini Kehebatan Teknologi Al pada Kamera Smartphone

Jika mode Portrait siap dan mendeteksi wajah manusia atau subyek utama, maka latar belakang subyek tersebut akan terlihat diburamkan dan siap untuk dijepret.

Selain jarak antara kamera dengan subyek, pastikan pula jarak antara subyek utama dengan obyek yang ada di sekitarnya, atau obyek yang ada di latar belakang, tidak terlalu dekat dengan subyek utama.

Pasalnya apabila terlalu dekat, maka hasil foto portrait kemungkinan tidak akan rapi atau terlihat bagus.

2. Perhatikan intensitas cahaya sekitar

Pastikan cahaya yang menyinari subyek utama tidak terlalu berlebihan. Jika terlalu berlebihan, cahaya tersebut dikhawatirkan akan merusak detail atau warna subyek yang sedang dipotret.

Untuk mengatasi hal tersebut, pergi ke suatu tempat yang teduh namun masih ada sinar matahari, atau lokasi yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Selain itu, pastikan pula subyek utama tidak membelakangi cahaya atau matahari. Pasalnya, hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan backlight.

Backlight merupakan suatu efek yang bisa membuat pencahayaan sekitar gelap. Hal ini bisa terjadi karena cahaya atau sinar matahari mengalahkan tingkat kecerahan dari subyek utama.

Agar bisa menghindari backlight, pengguna bisa mengarahkan subyek utama ke tempat lain demi memastikan sinar matahari tidak ada di dalam bidikan kamera.

3. Pilih latar belakang yang menarik

Selain intensitas cahaya, pengguna juga perlu memperhatikan latar belakang (background) subyek yang sedang dipotret.

Pilih background yang dianggap menarik, berwarna, dan cocok dengan subyek utama. Di samping itu, pilih background yang warnanya tidak bertabrakan dengan warna subyek.

Hal ini tentunya untuk memisahkan detail subyek dengan latar belakangnya, serta menghindari kesan monoton dalam foto portrait.

4. Pastikan ponsel stabil ketika memotret

Kestabilan ponsel juga merupakan hal yang sangat penting dalam memotret menggunakan mode Portrait.

Baca Juga: Teknologi Tak Selalu Bikin Bahagia, Negara Ini Contohnya

Apabila ponsel tidak stabil, hasil foto tentunya akan buram dan tidak akan fokus ke subyek yang menjadi titik utama.

Oleh karena itu, pastikan pengguna tetap memegang ponsel mereka dengan stabil hingga proses pemotretan menggunakan mode portrait selesai dan tersimpan di galeri ponsel.

5. Gunakan fitur Retouch dan Filter

Oppo Reno7 4G dibekali dengan fitur Retouch untuk memperhalus wajah dan kulit subyek utama. Selain Retouch, ponsel ini juga memiliki sejumlah Filter yang bisa dipakai untuk mengubah nada warna atau suasana foto sesuai dengan selera.

Nah, fitur Retouch dan Filter bisa dipakai ketika pengguna memanfaatkan mode portrait. Hal ini tentunya bisa membuat hasil foto portrait lebih unik dan beda dari biasanya.

Untuk memakai fitur Retouch dan Filter, pengguna bisa mengklik ikon "tongkat ajaib" yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi kamera.

Kemudian, pilih "Retouch" untuk mempercantik wajah, atau "Filter" untuk memilih filter yang diinginkan. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga