5 Tips Merawat Laptop agar Tak Mudah Rusak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 13 Februari 2023
0 dilihat
5 Tips Merawat Laptop agar Tak Mudah Rusak
Karena fungsinya yang sangat penting, tentu merawat laptop agar bisa bekerja dengan baik perlu dilakukan agar tetap awet. Foto: golepi.com

" Laptop menjadi alat yang penting untuk menunjang pekerjaan dan pembelajaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Laptop telah menjadi salah satu alat yang banyak digunakan dalam bekerja. Maka penting untuk mengetahui cara merawat agar laptop tidak mudah rusak.

Pada umumnya, dikutip dari kontan.co.id, bagi kebanyakan pekerja dan pelajar, laptop menjadi alat yang penting untuk menunjang pekerjaan dan pembelajaran. 

Perangkat ini digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, tugas-tugas sekolah, hingga mengakses materi pembelajaran dan hiburan. 

Karena fungsinya yang sangat penting, tentu merawat laptop agar bisa bekerja dengan baik perlu dilakukan agar tetap awet. 

Melansir yoursay.id dari laman Keep The Tech, berikut beberapa menjaga laptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak:

1. Batasi Aplikasi yang Berjalan Otomatis

Banyaknya aplikasi yang berjalan otomatis bisa membuat laptop jadi lemot, oleh sebab itu kita perlu membatasinya dengan cara membuka Task Manager, lalu pilih nonaktifkan program yang tidak diperlukan.

2. Tingkatkan RAM

Setiap laptop memiliki kapasitas harddisk yang berbeda, penting bagi kita untuk menyesuaikan kapasitas ini dengan data-data yang kita simpan didalamnya.

Baca Juga: 8 Cara Ampuh Memulai Bisnis dari Nol

Jika membutuhkan kapasitas yang lebih besar, kita bisa meningkatkan RAM agar laptop bisa bekerja maksimal dan tidak lemot.

3. Jaga Kebersihan

Kamu pasti akan merasa nyaman jika menggunakan laptop yang bersih, begitupula dengan laptopmu akan bekerja lebih maksimal bila rajin dibersihkan dari debu dan kotoran. Gunakan vacuum cleaner atau lap untuk membersihkan badan laptop.

4. Hapus Software yang Tidak Penting

Sama seperti HP, pada laptop pun kita juga tidak diperbolehkan asal memasang software. Jika ternyata software tersebut berbahaya hal ini bisa berdampak pada laptop.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Kendarai Mobil Matik Bagi Pemula

Belum lagi dengan software yang sudah ada sejak pertama kali kita beli laptop, lama-kelamaan software yang tidak terpakai itu bisa membuat kinerja laptop menurun dan jadi lemot. Lebih baik kamu jangan asal meng-install atau melakukan uninstall pada software yang tidak terpakai.

5. Gunakan Laptop dengan Hati-hati

Selain merawat dari software, kita juga perlu merawat hardware atau fisik laptop itu sendiri. Salah satunya adalah menggunakan laptop dengan hati-hati, meskipun terlihat sepele tapi masih banyak orang mengabaikan hal ini.

Letakkan laptop di tempat yang bersih, kering, serta suhu yang normal. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa merusak beberapa bagian laptop.

Menggunakan tas khusus laptop itu penting bila mau membawanya ke kantor atau kampus, ini agar laptop terhindar dari benturan, kotoran, dan cairan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk merawat laptop agar tetap awet. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga