50 Finalis Duta Genre Sulawesi Tenggara Siap Berkompetisi

Nur Fauzia, telisik indonesia
Rabu, 24 April 2024
0 dilihat
50 Finalis Duta Genre Sulawesi Tenggara Siap Berkompetisi
Foto bersama Duta Genre Terbaik 1 tahun 2023, Ketua Forum Genre, PLH BKKBN Sulawesi Tenggara, dan para tamu undangan. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Forum Genre kembali menggelar pemilihan Duta Genre Sulawesi Tenggara 2024, yang diikuti oleh 50 finalis yang berasal dari 14 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Forum Generasi Berencana (Genre) kembali menggelar pemilihan Duta Genre Sulawesi Tenggara 2024, yang diikuti oleh 50 finalis yang berasal dari 14 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, yang akan berlangsung di beberapa tempat di Kota Kendari, Rabu (24/4)2024).

Kegiatan diawali dengan pemotongan tumpeng sebagai perayaan 8 tahun berdirinya Forum Genre, dilanjutkan dengan sambutan, dan diakhiri dengan penampilan 25 pasangan finalis Duta Genre Sultra 2024.

Ketua Forum Generasi Berencana (Genre) Sultra, Wawan Syaputra kepada media ini dalam opening ceremony di Hotel Fortune, menyampaikan, dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Konawe dan Konawe Utara, mengalami beberapa kendala sehingga tidak dapat berpartisipasi dalam pemilihan Duta Genre kali ini.

Wawan menjelaskan, untuk rangkaian kegiatan yang akan dilalui oleh para finalis yaitu opening ceremony yang sudah dilakukan hari ini, besok talent show dan mosi challenge kemudian ada bagian dari penjurian dan di hari ketiga ada 2 penjurian yaitu penjurian program kerja dan penyuluhan karena pada dasarnya para finalis akan terus membuat program-program kerja terbaru yang mungkin bisa berdampak besar bagi Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Di malam puncak, kita akan mendapatkan pemenang dan mendapatkan 10 besar terlebih dahulu ada keyword challenge dan kemudian ada question and answer di top 5, nanti setelah itu hasilnya akan diakumulasikan dengan nilai karantina dan akan kita dapatkan pemenang terbaik 1 Duta Genre Sulawesi Tenggara tahun 2024 yang akan berangkat ke tingkat nasional tahun depan, jadi tahun ini diwakili oleh pemenang tahun kemarin," jelasnya.

Baca Juga: Calon Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara Tampilkan Sosial Project

Sementara itu, Duta Genre 2023, Sutan Nur Fat dan Indri Ananda Hasanah yang akan mewakili Sulawesi Tenggara dalam ajang Genre nasional nantinya menyampaikan bahwa mereka sudah melakukan persiapan mulai dari tahun lalu dengan mentoring bersama para juara duta di tahun-tahun sebelumnya yaitu duta tahun 2019-2022.

"Kami diajarkan berbagai materi kemudian diberikan kesempatan maupun pengalaman untuk terus mengedukasi para remaja yang ada di Provinsi Sultra, dan juga mengenai program kerja tentu untuk berangkat di nasional kita harus mempersiapkan program kerja dan projek yang bisa kita jual di sana nantinya," ungkap Indri.

Sutan menambahkan, untuk program kerja masih mereka susun sedemikian rupa agar bisa menonjolkannya ketika di ajang nasional nanti dan program kerja yang disusun tersebut bisa bermanfaat bagi pribadi, lingkungan, provinsi maupun nasional nantinya.

Baca Juga: Brand Terpercaya, Wardah jadi Sponsor Beauty Class And Handsome Class di Finalis Duta Manajement 2023

Selaras dengan itu, Plh Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara, Mustakim menuturkan, BKKBN memilih calon-calon Duta Genre yang bisa mewakili Sultra sehingga yang akan terpilih nanti adalah yang benar-benar memiliki kualitas dan kemampuan karena akan diadu dalam ajang nasional sehingga tidak memalukan Sulawesi Tenggara.

"Diharapkan semua bisa mempersiapkan diri sesuai dengan jenis lomba-lomba apa saja. Yang lebih penting sebenarnya mereka bisa memahami filosofi dari keberadaan genre itu sendiri sehingga kita ingin menyiapkan masa depan mereka dengan tanpa narkoba, nikah dini, dan melakukan hubungan seks pra nikah. Tetapi intinya adalah bagaimana anak-anak Genre ini berbaur untuk memikirkan masa depan yang lebih baik," pungkasnya.

25 pasangan finalis tersebut terdiri dari 6 pasangan perwakilan Kota Kendari, 3 pasangan Kabupaten Konawe Selatan, 2 pasangan Kota Baubau, 4 pasangan Kabupaten Muna, dan masing-masing 1 pasangan Kabupaten Bombana, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Muna Barat, Wakatobi, Buton Utara, Buton Tengah, dan Konawe Kepulauan. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga