50 Persen Keluarga di Kendari Sehat, Indeksnya Tertinggi di Sulawesi Tenggara

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 20 Juli 2022
0 dilihat
50 Persen Keluarga di Kendari Sehat, Indeksnya Tertinggi di Sulawesi Tenggara
Wali Kota Kendari menyerahkan penghargaan pada salah satu lurah yang memiliki indeks keluarga sehat tinggi. Foto: Ist

" Data aplikasi keluarga sehat per 18 Juli 2022, jumlah keluarga di Kota Kendari yang terdata pada 64 kelurahan, sebanyak 63.063 KK "

KENDARI, TELISIK. ID - Data aplikasi keluarga sehat per 18 Juli 2022,  jumlah keluarga di Kota Kendari yang terdata pada 64 kelurahan, sebanyak 63.063 KK. Dari data itu, nilai Indeks Keluarga Sehat (IKS) sebanyak 31.662 keluarga berada di kategori sehat.

Hal ini menunjukkan sekira 50 persen keluarga di Kota Kendari berada pada kategori keluarga sehat. Sedangkan untuk keluarga yang berada di kategori pra sehat, sebanyak 48,5 persen dengan jumlah KK 30.581. Dan 821 KK masih berada di kategori tidak sehat atau berada di angka 1,5 persen.

Secara keseluruhan nilai IKS Kota Kendari berada pada Keluarga Pra Sehat dengan nilai 0.5, yang menjadikan Kota Kendari memiliki nilai IKS tertinggi se-Provinsi Sulawesi Tenggara.

Prestasi yang diraih Kota Kendari ini, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir memberikan penghargaan pada enam kelurahan karena memiliki indeks keluarga sehat yang tinggi. Enam kelurahan ini yaitu Tobuuha, Puuwatu, Lalolara, Abeli Dalam, Mataiwoi, dan Kelurahan Watulondo.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan 12 indikator Penguatan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang dicanangkan pemerintah ini sangat memudahkan masyarakat utamanya pemerintah kota untuk memahami keluarga sehat itu seperti apa.

Baca Juga: Lowongan Kerja Kendari: PT Tiran Indonesia Butuhkan Grade Control, Ini Kualifikasinya

“Saya berharap lurah di lingkungannya masing-masing coba lakukan terobosan, lakukan inovasi apa yang kira-kira bisa dilakukan untuk masyarakat kita lebih paham menjadi lebih sadar tentang arti pentingnya kesehatan,” ungkap Sulkarnain saat membuka Rapat Koordinasi Penguatan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) disalah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (20/7/2022).

Wali Kota Kendari berfoto bersama 6 kelurahan yang memiliki indeks keluarga sehat di Kota Kendari. Foto: Ist

 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum menjelaskan, program keluarga sehat memiliki tiga kategori kelompok yang dibagi dalam tiga Indeks Keluarga Sehat (IKS) memiliki nilai yang lebih besar dari 0.8, Keluarga Pra Sehat dengan nilai IKS 0.5 - 0.8 dan Keluarga Tidak Sehat dengan nilai dibawah 0.5.

IKS terus meningkat setiap tahunnya, IKS diawali pada tahun 2017 dengan melibatkan 17 puskesmas nilai IKS tahun itu berada di 0.2, di tahun 2018 melibatkan 21 Puskesmas dengan nilai 0.22 dan di tahun 2019 nilai IKS berada 0.29 setelah menambah keikutsertaan empat puskesmas.

“Di tahun 2020 seluruh puskesmas dengan 64 kelurahan, nilai IKS Kota Kendari sebesar 0.36 dan di tahun 2021 seluruh Puskesmas dengan 65 kelurahan nilai IKS menjadi 0.42,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Kendari Latih Pelaku IKM Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Kelembagaan

Berikut 12 indikator yang memutuskan bahwa keluarga mengikuti program Indonesia sehat.

  1. Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB)
  2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan
  3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
  4. Bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif
  5. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan
  6. Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar
  7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur
  8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan
  9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok
  10. Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
  11. Keluarga mempunyai akses sarana air bersih
  12. Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat (B-Adv)

Penulis: Sumarlin

Editor: Musdar

Baca Juga