adplus-dvertising

6 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Kenali Risikonya

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 19 Januari 2022
1199 dilihat
6 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Kenali Risikonya
Masker putih telur tidak hanya bermanfaat bagi kulit wajah, tetapi juga mempunyai risiko. Foto: Repro Tribunnews.com

" Masker putih telur untuk wajah nyatanya juga bisa menambah kecantikan kulit "

KENDARI, TELISIK.ID - Telur termasuk bahan pangan yang menjadi sumber protein terbesar. Manfaat telur ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara umum, manfaat masker putih telur untuk wajah nyatanya juga bisa menambah kecantikan kulit.

Telur sangat kaya akan protein. Dalam sebutir telur, terdapat 3,6 gram protein. Itu sebabnya, telur populer sebagai bahan makanan yang bergizi sekaligus lezat.

Selain sebagai makanan, manfaat putih telur untuk wajah ternyata juga menjanjikan.


Tak hanya dari kandungan proteinnya, manfaat masker putih telur untuk wajah berasal dari kandungan berbagai vitamin dan mineral yang bisa membuat kondisi kulit semakin baik.

Ketika digunakan sebagai masker pada wajah, putih telur dapat memberikan 6 manfaat ini, dikutip dari merdeka.com:

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat putih telur yang pertama adalah mencegah penuaan dini. Manfaat ini bisa didapatkan dengan cara mencampur putih telur dengan buah alpukat. Kandungan vitamin E, vitamin C pada alpukat dapat membantu mencegah penuaan dini yang diakibatkan karena paparan sinar matahari. Tidak hanya itu, beberapa kandungan tersebut juga dipercaya efektif menjaga kelembapan kulit wajah dan tetap kenyal.

2. Mengatasi Kulit Kering

Salah satu manfaat putih telur ialah mengatasi kulit kering. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampur putih telur dengan mentimun. Kedua bahan tersebut berperan penting untuk menghidrasi wajah agar terbebas dari kulit kering.

Agar mendapatkan hasil optimal, oleskan campuran kedua bahan tersebut di permukaan kulit, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Melembapkan Kulit Wajah

Masker putih telur saja sudah cukup membuat wajah Anda semakin lembap, kencang, dan putih alami. Siapkan sebutir ayam kampung yang sudah diambil putih telurnya, lalu aduk putih telur tersebut hingga berbusa dan berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan masker ini pada wajah selama 60 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Atasi Jerawat

Manfaat putih telur berikutnya yaitu untuk mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan jeruk nipis dengan putih telur. Jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi, sehingga perasan air jeruk dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya digunakan untuk masker wajah.

5. Menghilangkan Komdeo

Manfaat putih telur untuk wajah lainnya yaitu menghilangkan komedo. Manfaat ini bisa didapatkan dengan campuran madu dan putih telur. Madu merupakan bahan alami yang berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, madu juga berperan penting untuk melindungi wajah dari jerawat atau komedo.

6. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Masker putih telur saja sudah cukup membuat wajah Anda semakin lembap, kencang, mengangkat sel-sel kulit mati, dan tampak putih alami. Siapkan sebutir ayam kampung yang sudah diambil putih telurnya, lalu aduk putih telur tersebut hingga berbusa dan berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan masker ini pada wajah selama 60 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 3 Tips Mengatasi Gangguan Saat Belajar yang Wajib Kamu Tahu

Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan beberapa cara di atas secara rutin dan teratur. Sehingga wajah Anda akan tampak lebih bersih dan terhindar dari kulit kering akibat paparan sinar matahari.

Melansir liputan6.com, selain bisa dijadikan masker anti-penuaan atau perawatan praktis, tidak sebanding dengan risikonya. Di antara beberapa potensi bahayanya meliputi:

1. Reaksi Alergi

Bila kamu memiliki alergi saat mengonsumsi telur, maka kamu tak dianjurkan untuk menggunakan produk olahan telur lainnya seperti masker putih telur ini. Mengoleskan putih telur ke bagian kulit wajah bisa mengakibatkan kamu menjadi gatal-gatal yang parah, timbul ruan, biduran, atau kesulitan bernapas.

2. Gejala Intoleransi Telur

Tidak seperti alergi telur, intoleransi terhadap telur dapat menyebabkan peradangan dan ketidaknyamanan gastrointestinal saat menelannya. Jika kamu menggunakan masker putih telur di wajah, kamu masih berisiko menelan sedikit putih telur di mulut.

3. Infeksi Salmonella

Baca Juga: Yuk, Kenali Karakter Orang Lewat Warna Pakaiannya

Telur bisa menyimpan bakteri salmonella di dalamnya yang dapat menyebabkan keracunan. Oleh karena itu, mengonsumsi telur dianjurkan untuk memasaknya dalam waktu lama dengan suhu yang tinggi untuk menghilangkan salmonella. Nah, apabila kamu tidak hati-hati dalam menggunakannya sebagai perawatan kulit wajah, dikhawatirkan telur mentah tersebut tidak sengaja tertelan.

Bila hal ini terjadi, maka akan ada gejala yang dialami seperti demam yang diiringi keluhan saluran cerna seperti perut kembung, muntah, dan diare.

4. Infeksi

Bagi kamu yang memiliki wajah cenderung sensitif, terkadang tidak terasa tiba-tiba mendapati kulit wajah ada goresan luka. Nah, apabila goresan luka ini terkena dengan sesuatu bahan mentah seperti masker putih telur, bisa menyebabkan infeksi sekunder. Hal ini dikhawatirkan bakteri yang ada pada putih telur bisa masuk ke dalam luka tersebut. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga