6 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 02 April 2024
0 dilihat
6 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran
Mudik menjadi tradisi sebagai besar masyarakat menjelang hari Lebaran. Foto: Repro Freepik/creativaimages

" Salah satu kebiasaan kebanyakan masyarakat saat menjelang atau hari Lebaran adalah mudik. Agar perjalanan mudik ini aman dan nyaman, penting mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan kebanyakan masyarakat saat menjelang atau hari Lebaran adalah mudik. Agar perjalanan mudik ini aman dan nyaman, penting mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan.

Pada umumnya, dikutip dari detik.com, Tradisi mudik saat lebaran memiliki makna pulang ke kampung halaman ketika menjelang Idul Fitri. Pelaksanaan mudik bertujuan untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.

Hal ini berdasarkan penjelasan dari Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan berjudul Fenomena dan Nilai-nilai Tradisi Mudik Lebaran oleh Japarudin, mudik berasal dari kata 'udik' yang memiliki arti 'pulang kampung'. Kemudian ditambah awalan 'm' sehingga menjadi 'mudik' yang berarti 'pulang kampung'.

Meski sudah menjadi kebiasaan setiap Lebaran, tapi ada hal yang penting diperhatikan saat akan melakukan perjalanan mudik agar aman dan nyaman.

Baca Juga: 4 Tips Agar Puasa Aman Bagi Penderita Maag

Melansir kemenkeu.go.id yang rangkuman dari berbagai sumber, berikut beberapa tips dan persiapkan menjelang mudik:

1. Istirahat Cukup

Lakukan istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan, hal ini untuk menjaga kondisi tetap fit selama perjalanan.

2. Cek Keadaan Rumah

Sebelum pergi, lakukan pengecekan keadaan rumah. Ketika meninggalkan rumah, cabut semua kabel-kabel aliran listrik dan regulator gas, matikan kran air, pastikan untuk mengunci semua pintu, jendela dan pagar rumah dan apabila perlu beritahu tetangga atau satpam perumahan kalau kita bepergian supaya ikut mengawasi kondisi rumah.

3. Informasikan Tetangga atau Kerabat

Sebelum mudik, sebaiknya informasi rencana mudik ke tetangga atau kerabat yang tidak mudik tahun ini. Sehingga, jika ada insiden tertentu, para pemudik bisa langsung dikabari.

4. Siapkan Obat dan Vitamin

Membawa perlengkapan Kesehatan seperti obat-obatan dan vitamin agar bisa mengantisipasi jika dalam perjalanan kesehatan terganggu.

Baca Juga: Cara Ini Diklaim Bisa Kontrol Nafsu Syahwat saat Puasa Ramadan

5. Pilih Moda Transportasi

Sebelum mudik, pilihlah moda transportasi yang nyaman dan benar. Dalam memilih moda transportasi, perhatikan jarak tempuh ke kampung halaman. Jika jarak tempuhnya jauh atau berada di luar pulau, lebih baik jika memilih moda transpotasi udara karena lebih cepat.

6. Cek Mesin Kendaraan

Apabila mudik dengan kendaraan pribadi, lakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban dan peralatan seperti dongkrak, obeng dan tang untuk berjaga-jaga. Hal ini perlu dilakukan supaya perjalanan aman.

Nah, itulah beberapa tips aman dan nyaman saat mudik Lebaran ke kampung halaman. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga