60 Pasien Positif COVID-19 Bombana Diswab Ulang

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 21 Mei 2020
0 dilihat
60 Pasien Positif COVID-19 Bombana Diswab Ulang
Persiapan Tim Pendamping Psikolog dari Himpsi Sultra sebelum melakukan pelayanan pendampingan pasien anak terpapar COVID-19. Foto: Hir/Telisi

" Tadi malam sekitar jam 10 diambil sampel swabnya dan akan diulang hari ini jam 9 pagi. Tujuannya adalah untuk mendeteksi virus corona di tubuh mereka setelah dikarantina dan dirawat. "

BOMBANA, TELISIK. ID - 60 warga Bombana yang sebelumnya telah dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, dilakukan pengambilan sampel swab tenggorokan.

Uji swab dilakukan karena pasien telah menjalani masa karantina selama 18 hari, terhitung sejak tanggal 2 Mei lalu. Mereka dikarantina di Rumah Susun Lantawua, Bombana.

Pengambilan sampel tenggorokan dilakukan dua kali yakni tadi malam sekitar pukul 22.00 Wita dan rencana akan diulang pada pagi ini (21/5/2020) sekitar pukul 09.00.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Bombana, Heryanto, menjelaskan, untuk memastikan kondisi mereka (pasien positif COVID-19), tim medis dari Kendari melakukan dua kali pengambilan sampel tenggorokan.

Baca juga: Warga Kolaka Utara Diinstruksikan Salat Id di Rumah

"Tadi malam sekitar jam 10 diambil sampel swabnya dan akan diulang hari ini jam 9 pagi. Tujuannya adalah untuk mendeteksi virus corona di tubuh mereka setelah dikarantina dan dirawat," jelas Heryanto saat dikonfirmasi.

Ditambahkan, bila sampel pertama dan kedua hasilnya negatif, maka yang bersangkutan langsung dipulangkan. Namun jika salah satu dan atau kedua sampel hasilnya positif, maka masa karantina akan diperpanjang selama 14 hari lagi.

Untuk diketahui, 60 warga Bombana yang diswab adalah hasil contact tracking terhadap pasien positif yang datang dari kluster Dorolonda dan 4 santri asal Temboro, Magetan Jawa Timur.

Mereka dikarantina sejak tanggal 2 Mei dan terkonfirmasi positif pada tanggal 13 Mei. Hingga berita ini diturunkan, kondisi mereka tanpa gejala atau sehat secara medis.

Reporter: Hir

Editor: Rani

Baca Juga