adplus-dvertising

7 Cara Alami Usir Tikus dari Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 26 September 2022
0 dilihat
7 Cara Alami Usir Tikus dari Rumah
Tikus merupakan salah satu hewan yang sering masuk dalam rumah. Bahkan juga sering merusak barang dan mengambil makanan seenaknya. Foto: Repro pixabay

" Mengusir tikus dari rumah bukanlah perkara mudah. Pasalnya, tikus adalah hewan pengerat yang memiliki kemampuan berlari pesat, bahkan bisa memanjat "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumah yang nyaman dan bersih adalah keinginan setiap orang. Namun seringkali ada saja yang mengganggu, salah satunya keberadaan tikus.

Tikus merupakan salah satu hewan yang sering masuk dalam rumah. Bahkan juga sering merusak barang dan mengambil makanan seenaknya.

Dikutip dari kompas.com, cara mengusir tikus dari rumah bukanlah perkara mudah. Pasalnya, tikus adalah hewan pengerat yang memiliki kemampuan berlari pesat, bahkan bisa memanjat.

Cara instan mengusir tikus di rumah adalah dengan menggunakan racun atau lem tikus. Meski begitu, langkah ini tak direkomendasikan terutama bagi rumah dengan anak-anak dan hewan peliharaan.

Kalau demikian, lalu bagaimana cara mengusir tikus secara aman dari rumah?Melansir cnnindonesia.com, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus dari rumah:

1. Tangkap tikus

Anda bisa menyimpan perangkap untuk menangkap tikus. Simpan perangkap di area yang kerap dilalui hewan pengerat ini.

Baca Juga: 4 Cara Hemat Gas Saat Memasak di Rumah

Ada banyak perangkap tikus yang dijual di pasaran. Anda bisa menggunakannya untuk menjebak tikus yang berkeliaran di sekitar rumah dan atap Anda.

2. Biarkan tikus kelaparan

Tikus senang mencuri makanan yang tersedia di dapur. Terutama makanan yang disimpan tidak terlalu rapat. Oleh karena itu penting untuk menyimpan makanan di tempat yang sulit dijangkau tikus.

Melansir berbagai sumber, Anda juga harus rutin membersihkan tempat makanan hewan peliharaan. Sebab tikus juga bisa mengambil makanan milik anak Anda. Buatlah tikus-tikus itu kelaparan.

3. Tutup lubang yang bisa dilalui tikus

Tikus bisa masuk melalui lubang yang kecil, jadi rajin-rajinlah menutup celah yang ada di rumah. Gunakan plesteran untuk menutup lubang dan ventilasi.

4. Gunakan kapur barus

Kapur barus adalah pengusir tikus yang hebat karena mengandung racun yang menyiksa tikus. Melansir berbagai sumber, simpan kapur barus di loteng, ruang bawah tanah, dapur, halaman, atau di area lain yang disinyalir jadi tempat keberadaan tikus.

5. Gunakan minyak peppermint

Tikus tidak tahan dengan bau minyak peppermint. Celupkan beberapa bola kapas ke dalam minyak peppermint dan sebarkan ke seluruh area yang rawan tikus.

Baca Juga: 4 Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat

Jika Anda tidak memiliki minyak peppermint, alternatif yang bagus adalah minyak serai dan minyak jarak.

6. Taburkan lada

Lada memiliki bau yang tajam dan tidak sedap dan tikus tidak menyukainya. Lada juga membuat tikus sulit bernapas. Anda bisa menaburkannya di area tikus suka bersembunyi.

7. Bawang merah dan bawang putih iris

Tempatkan irisan bawang di luar lubang tikus yang Anda lihat. Hal ini bisa membuat tikus pergi dan menolak kembali. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga