adplus-dvertising

7 Jenis Makanan Ini Bisa Redakan Batuk Lebih Cepat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 28 Juni 2022
360 dilihat
7 Jenis Makanan Ini Bisa Redakan Batuk Lebih Cepat
Batuk menjadi kondisi yang cukup mengganggu aktivitas seseorang sehari-hari. Foto: Repro cnnindonesia.com

" Sebagian besar gejala akan hilang atau setidaknya membaik secara signifikan dalam waktu dua minggu "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat seseorang terkena flu atau penyakit pernapasan lainnya, salah satu gejala umum yang dialami adalah batuk.

Dikutip dari halodoc.com, batuk adalah tindakan refleks yang dilakukan untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi akibat benda asing.

Namun, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan seseorang lebih sering untuk batuk. Sebagian besar gejala akan hilang atau setidaknya membaik secara signifikan dalam waktu dua minggu.


Untuk meredakan batuk, berbagai pengobatan alami bisa Anda coba, salah satunya dengan memilih jenis makanan tertentu.

Melansir hellosehat.com, berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya disantap untuk cepat mengatasi batuk:

1. Sup ayam

Makan makanan hangat seperti sup dapat membantu melegakan tenggorokan. Hal ini tentunya juga bantu mengatasi kondisi tenggorokan gatal dan kering yang memicu batuk terus-menerus.

Jika mengalami batuk berdahak, kuah sup ayam juga dapat mengencerkan dahak yang menggumpal di tenggorokan.

Selain itu, makanan yang dianjurkan saat batuk ini bisa meningkatkan elektrolit dalam tubuh karena mengandung kuah.

Terlebih lagi, batuk berkepanjangan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi sehingga Anda butuh asupan cairan yang cukup.

Baca Juga: Jangan Lakukan 8 Kebiasaan Ini Setelah Makan, Bisa Berdampak Bagi Kesehatan

Tak hanya itu, ayam di dalam sup dapat menjadi sumber protein yang dibutuhkan tubuh saat sakit guna melancarkan fungsi organ-organ tubuh.

Namun, akan lebih baik jika Anda juga menambahkan sayuran seperti wortel, kentang, dan brokoli karena mengandung vitamin guna meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Madu

Berbagai penelitian, seperti yang dirilis oleh Canadian Family Physician menyebutkan bahwa madu dapat menjadi obat alami untuk batuk yang cukup efektif.

Madu memiliki sifat analgesik dari komponen antibakteri yang dapat mengurangi peradangan akibat infeksi di saluran napas.

Artinya, madu berpotensi untuk membantu mengatasi infeksi yang menjadi penyebab batuk.

Agar mendapatkan manfaat makanan yang dianjurkan saat batuk ini secara optimal, Anda bisa menambahkan dua sendok madu ke dalam air rebusan jahe.

Jenis rempah ini juga bersifat antiradang. Itu sebabnya, Anda disarankan minum ramuan ini secara rutin untuk meringankan gejala batuk.

3. Kaldu tulang

Sama halnya dengan sup ayam, kaldu tulang juga dapat meningkatkan hidrasi tubuh saat Anda mengalami batuk berkepanjangan.

Makanan yang dianjurkan saat batuk ini sangat pas disantap untuk Anda yang kesulitan menelan makanan padat saat batuk.

Selain lezat dan gurih, kaldu tulang mengandung berbagai mineral seperti folat, kalsium, dan fosfor yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat sakit.

Tak kalah penting, kaldu tulang pun bisa menjadi obat pengencer dahak alami karena kuah hangatnya yang memberi efek melegakan dan melarutkan dahak.

4. Pisang

Pisang adalah salah satu pilihan buah yang tepat Anda konsumsi saat sedang sakit dan mengalami batuk kering atau berdahak.

Buah ini memiliki tekstur yang halus sehingga mudah dikunyah, tetapi juga tinggi kalori.

Maka dari itu, konsumsi makanan yang dianjurkan saat batuk ini bisa menambah kebutuhan energi yang tubuh untuk melawan penyakit.

Konsumsi buah untuk batuk ini juga dapat menggantikan asupan makanan yang hilang akibat hilangnya nafsu makan selama terkena penyakit ini.

5. Ikan

Ikan adalah sumber protein berkualitas yang tepat dimakan saat sedang batuk. Kandungan proteinnya mendukung fungsi organ vital tubuh untuk tetap bekerja optimal saat sakit.

Di samping itu, makanan yang dianjurkan saat batuk ini juga mengandung asam lemak omega-3. Menurut studi dari jurnal Nutrients, omega-3 berperan penting untuk mengatasi peradangan di dalam tubuh.

Jika batuk disebabkan oleh peradangan akibat infeksi di saluran napas, makan ikan turut menyembuhkan sumber penyebab batuk.

Pilihlah jenis ikan laut seperti ikan tenggiri, tuna, atau tongkol untuk memperoleh nutrisi yang berkhasiat dalam mengobati batuk secara optimal.

6. Bawang putih yang dihaluskan

Bawang putih adalah salah satu jenis rempah yang punya khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Sebagai salah satu pilihan makanan yang dianjurkan saat batuk, bawang putih mengandung komponen antibakteri, antiviral, dan antijamur yang berperan dalam melawan infeksi penyebab batuk.

Itulah mengapa konsumsi bawang putih bisa mengurangi keparahan gejala seperti batuk dan sakit tenggorokan yang berlangsung jangka panjang.

Baca Juga: Air Putih Benarkah Bisa Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya

Agar lebih mudah dikonsumsi, bawang putih perlu Anda haluskan terlebih dahulu.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, mencampurkannya pada susu, atau memakainya sebagai penyedap dalam sup ayam.

7. Sayur dan buah sumber vitamin C

Tak lengkap rasanya jika tidak menyertakan sayuran dan buah yang kaya vitamin C dalam menu makanan saat sakit.

Vitamin C memiliki fungsi penting dalam melawan infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan batuk.

Dengan bantuan vitamin C, tubuh yang terserang penyakit pernapasan pun bisa pulih lebih cepat.

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal kerusakan sel-sel oleh radikal bebas. Kondisi ini bisa memperparah kondisi peradangan di saluran napas.

Jenis sayur dan buah sumber vitamin C yang bisa menjadi pilihan makanan yang dianjurkan saat batuk adalah brokoli, kubis, labu kuning, pepaya, jeruk, stroberi, dan markisa.

Konsumsi makanan yang tepat dapat membantu meredakan batuk yang berlangsung secara menerus. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga