7 Tips Bentuk Mental di Tengah Beban Hidup yang Berat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 07 September 2022
0 dilihat
7 Tips Bentuk Mental di Tengah Beban Hidup yang Berat
Meditasi adalah aktivitas yang bisa menjadi salah satu cara relaksasi tubuh dan pikiran agar dapat melepaskan beban. Foto: Repro merdeka.com

" Garis kehidupan seseorang tak ada yang tahu, termasuk ketika melalui masa-masa sulit bahkan kita tidak selamanya akan merasakan bahagia. Setiap orang pasti pernah memiliki masalah berat di dalam hidupnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Garis kehidupan seseorang tak ada yang tahu, termasuk ketika melalui masa-masa sulit bahkan kita tidak selamanya akan merasakan bahagia. Setiap orang pasti pernah memiliki masalah berat di dalam hidupnya.

Pengalaman pahit kehidupan itu ada yang sifatnya ringan, sedang, hingga berat yang bisa menyebabkan seseorang mengalami trauma psikis jangka panjang bahkan bunuh diri. Hal ini terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pola pikir yang selalu negatif terhadap diri sendiri, serta pengaruh dari lingkungan sekitar.

Berikut ini 7 tips bentuk mental dan diri makin kuat ditengah menjalani beban hidup yang berat, seperti di lansir dari yoursay.id dan merdeka.com yaitu:

1. Tak semua omongan orang harus didengarkan

Semakin dewasa kamu harus menyadari hal ini dan menerapkannya. Semakin berkembang dan kritis pemikiranmu tentunya kamu akan semakin tahu tentang omongan apa saja yang perlu kamu serap. Tak perlu mengolah semuanya karena nanti bukannya tenang yang kamu dapat malah mental yang tumbang. Sebab, kadang ada omongan orang yang sebenarnya tak benar-benar peduli padamu. Ada orang yang hanya ingin menjatuhkanmu. Ada orang yang hanya ingin membuatmu semakin merasa terpuruk.

2. Bersikap terbuka dan berserah diri

Cara menghadapi masalah yang berat berikutnya yaitu berusaha untuk selalu bersikap terbuka dan berserah diri. Semakin menghindari masalah dan mencoba menutup-nutupi peristiwa, dapat membuat keadaan kian memburuk. Oleh karena itu, mencoba untuk memaafkan diri sendiri dan menumbuhkan kepercayaan diri menjadi salah satu cara terbaik untuk menghadapi masalah.

Selain itu, bersikap terbuka terhadap orang-orang terdekat seperti sering mencurahkan perasaan dan isi hati bisa menjadi obat psikologis agar suasana hati lebih tenang dan tentram. Mencurahkan isi hati ini juga bisa dilakukan dengan cara-cara lain seperti menulis, melukis, dan melakukan berbagai aktivitas yang bisa membuat hati lega. 

Baca Juga: 6 Obat Alami Mengatasi Kutu Rambut

3. Selalu berdoa dan bersyukur

Sudah kita ketahui bersama bahwa manusia di dunia tentu tidak akan pernah lepas dari permasalahan hidup. Hampir dapat dipastikan setiap orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Hal inilah yang kemudian harus disadari bahwa kita tidak hidup sendiri dan masih banyak orang di luar sana yang mengalami masalah lebih besar.

Salah satu puncak kebahagiaan ialah ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selalu percaya bahwa semua masalah yang kita hadapi sekarang adalah upaya mendewasakan diri agar ke depan dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, masih banyak hal di dunia ini yang patut kita syukuri seperti memiliki sahabat, keluarga, dan pekerjaan.

4. Fokus pada tujuan sendiri

Terlalu sibuk melihat pencapaian dan jalan hidup orang lain hanya akan membuatmu semakin tertekan. Hanya akan membuat hidupmu semakin berat untuk dijalani. Hanya akan membuat dirimu lelah sendiri. Mengagumi orang lain yang sukses itu boleh. Namun, kamu perlu memberikan batasan yakni, hanya sekadar kagum dan meniru semangatnya. Selepas itu, fokuslah pada tujuanmu sendiri, berhenti membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain. Kamu punya dirimu yang perlu diperhatikan. Kamu punya potensi yang harus dikembangkan. Kamu punya kekurangan yang perlu diperbaiki. Kamu punya tempat dan waktumu sendiri.

5. Imbangi hidup dengan hiburan

Hidup akan terasa monoton dan berat, bila kamu tidak menyelinginya dengan hiburan. Tak usah yang terlalu menghabiskan banyak uang dan waktu. Hiburan bisa kamu rasakan dari hal-hal yang sederhana. Hiburan bisa kamu peroleh dari hal-hal di sekitarmu. Hiburan tak selalu yang megah dan mewah. Kamu bisa mencoba bertamasya di taman bersam aorang tercinta, berjalan santai keliling kompleks rumah, atau memakan es krim kesukaan di harimu yang berat.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Hilangkan Perut Buncit

6. Meningkatkan optimisme

Meningkatkan optimisme merupakan salah satu cara menghadapi masalah yang paling efektif. Ketika memiliki rasa optimis tinggi maka kita menjadi pribadi yang tidak takut gagal saat akan melakukan berbuat sesuatu. Ketahui dan pahami dengan jelas apa masalah yang melingkupi hidup Anda.

Selain itu, seseorang yang memiliki rasa optimis juga cenderung akan siap dengan segala risiko yang bisa terjadi, sehingga akan membuat kita jauh lebih tenang saat menghadapi masalah dan bisa menghindarkan diri dari stres.

7. Lakukan meditasi

Aktivitas ini menjadi salah satu cara relaksasi tubuh dan pikiran agar dapat melepaskan beban. Mulai dari peristiwa yang paling menarik hingga menakutkan bisa diatasi dengan melakukan meditasi.

Meditasi bisa juga disebut kegiatan bercermin melihat diri sendiri dalam rangka memperbaiki, mengoreksi dan membenahi semua hal yang pernah dialami. Manfaat meditasi begitu besar bahkan dapat membuat pikiran kita jauh lebih positif dan mencegah berbagai macam penyakit, baik jasmani maupun rohani. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga