7 Tips Menjaga Semangat Belajar Usai Liburan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 04 Januari 2022
0 dilihat
7 Tips Menjaga Semangat Belajar Usai Liburan
Suasana tempat belajar sangat membantu meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Foto: Repro bimba.com

" Rasa malas tentu kerap dirasakan oleh para siswa karena harus belajar secara mandiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Awal tahun ini, siswa harus siap untuk kembali mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah. Bahkan ada beberapa daerah yang sudah memberlakukan PTM 100 persen.

Hal itu mengacu pada SKB 4 Menteri terbaru yang dirilis akhir Desember 2021, bahwa mulai Januari 2022 ini sekolah wajib menjalankan PTM terbatas bagi wilayah PPKM level 1-3.

Apalagi usai liburan semester, siswa harus kembali semangat mengenyam pendidikan meski masih dalam masa pandemi.

Rasa malas tentu kerap dirasakan oleh para siswa karena harus belajar secara mandiri. Apalagi jika harus kembali ke sekolah.

Melansir Kompas.com dari laman SMPN 1 Luwuk Timur Kabupaten Banggai, ini 5 cara menjaga semangat belajar usai liburan:

1. Tanamkan motivasi yang kuat

Memberikan motivasi yang kuat dalam belajar akan membuat siswa lebih bersemangat dalam menjalankannya.

Karenanya baik guru maupun orang tua harus mampu meyakinkan siswa untuk terus semangat belajar walaupun di masa pandemi. Beri kalimat-kalimat yang positif yang dapat membangun motivasi siswa dalam belajar.

2. Tempat belajar harus aman dan nyaman

Suasana tempat belajar juga akan sangat membantu meningkatkan semangat siswa dalam belajar jika masih ikut sekolah daring.

Beri suasana tempat belajar yang nyaman untuk siswa, dari kerapian, kebersihan tempat belajar, serta sepi atau tidaknya nuansa sekitar tempat belajar yang diinginkan siswa.

3. Coba tetapkan jadwal belajar harian

Jika masih ikut sekolah daring, maka coba atur waktu belajar selayaknya di sekolah jika memungkinkan. Jika tidak, jadwal dapat ditentukan sendiri sesuai dengan kesepakatan dengan siswa.

4. Gunakan metode pembelajaran yang tepat

Guru harus pandai memilih metode pembelajaran yang tepat mengingat proses pembelajaran di rumah kemungkinan besar akan berbeda dengan di sekolah.

5. Tetap jaga kesehatan

Semangat belajar tentu akan datang saat tubuh dalam keadaan sehat. Jadi pastikan siswa senantiasa sehat.

Baca Juga: Mahasiswi Anak Nelayan Asal Kolaka Sukses Dirikan Perusahaan Online di 34 Provinsi

Rutin berolahraga, menjaga pola makan seimbang, serta mengonsumsi suplemen makanan dapat menjadi solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan siswa.

6. Berbagi cerita liburan

Dilansir dari guru.com, menggunakan keinginan siswa untuk bercerita mengenai liburan mereka bisa membuat siswa menjadi lebih bersemangat masuk sekolah. Biarkan siswa untuk berbagi cerita liburannya dalam berbagai bentuk, baik tulisan, film pendek, atau langsung bercerita di depan kelas dengan menampilkan beberapa buah tangan yang siswa dapatkan saat liburan.

7. Berikan hadiah atau penghargaan

Memberikan sedikit penghargaan untuk mereka saat kembali ke sekolah, seperti kebiasaan di Jerman yang memberikan bingkisan kepada siswa saat mereka masuk sekolah. Cara ini bisa memberikan semangat pada siswa untuk kembali belajar dan menciptakan mindset bahwa sekolah adalah sesuatu yang menyenangkan. (C)

Baca Juga: Yuk, Ketahui Proses Terjadinya Hujan dan Jenisnya

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga